Pj Gubri Imbau Pihak Sekolah Tangguhkan Studi Tur ke Luar Daerah

Pj Gubri Imbau Pihak Sekolah Tangguhkan Studi Tur ke Luar Daerah
Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto.

Riauaktual.com - Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, mengeluarkan imbauan penting terkait kegiatan studi tur sekolah di Provinsi Riau. Imbauan ini menyusul bencana banjir bandang yang baru-baru ini melanda wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Hariyanto menegaskan bahwa studi tur harus ditangguhkan sementara waktu hingga situasi pasca-banjir bandang terkendali. Langkah ini diambil demi keamanan dan keselamatan siswa-siswi, guru, serta pihak terkait lainnya.

"Untuk studi tur itu sah-sah saja. Tapi melihat kejadian dan kondisi di Sumbar sedang bencana, kami mengimbau supaya kegiatan ini [studi tur] ditunda dulu," kata Hariyanto di Pekanbaru, Rabu (15/5/2024).

Hariyanto mengingatkan pihak sekolah untuk waspada karena cuaca ekstrem dan potensi bencana yang bisa membahayakan siswa dan guru. Terlebih lagi, banjir bandang di Sumbar menyebabkan beberapa ruas jalan nasional rusak parah, sehingga akses perjalanan terputus.

"Ditlantas Polda Riau telah mengimbau untuk tidak mengunjungi Sumbar karena risiko yang ada. Jadi, lebih baik kita waspada. Di Kelok Sembilan juga kondisinya sedang longsor total sehingga tidak bisa dilalui untuk sementara waktu, jadi kasihan juga anak-anak kita nantinya," sebutnya.

Hariyanto juga menanggapi kejadian kecelakaan bus pariwisata di Subang, Jawa Barat, yang mengangkut rombongan pelajar dari SMK Lingga Kencana Kota Depok. Kecelakaan itu disebabkan oleh kondisi bus yang tidak laik jalan.

"Artinya, salah satu faktornya adalah karena bus yang tidak laik jalan. Tanpa sengaja kita menyewa bus tetapi tidak mengecek kesiapannya, karena memang bukan ahlinya. Mempersiapkan kondisi kendaraan itu adalah hal dasar yang harus dipenuhi," tutupnya.

 

 

 

#Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index