Bupati Siak, Alfedri, Berinovasi dengan Program 'Bupati Goes To School'

Bupati Siak, Alfedri, Berinovasi dengan Program 'Bupati Goes To School'
Bupati Goes To School

Riauaktual.com - Bupati Siak, Alfedri, menggelar kegiatan "Bupati Goes To School" di SMA Negri 1 Kecamatan Tualang (Perawang) pada Senin (13/5). Kegiatan dimulai dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Alfedri.

Inisiatif ini merupakan yang pertama di Provinsi Riau bahkan di Indonesia. Alfedri menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya tentang kehadiran bupati sebagai pembina upacara, tetapi juga tentang pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk siswa yang telah mencapai usia 17 tahun dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Alfedri didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Hasmizal, Asisten III Rozi Chandra, Camat Tualang Mursal, dan Korwil Pendidikan Tualang Zahroni. Mereka disambut dengan antusias oleh para pelajar dan guru di sekolah tersebut.

Bupati Siak menyatakan bahwa program ini merupakan inovasi dalam memberikan layanan pembuatan KTP khususnya bagi pelajar tingkat SMA. Ia juga menyebut bahwa terkait layanan perizinan, Kabupaten Siak menduduki peringkat dua terbaik se-Indonesia, seperti halnya program pembuatan KTP di sekolah.

"Kita harus jemput bola, memberikan kemudahan bagi anak-anak kita yang usianya sudah masuk 17 tahun. Tentu dengan begitu, siswa tak perlu jauh-jauh ke Siak untuk mengurus KTP," ujar Alfedri.

Alfedri menjelaskan bahwa perekaman KTP untuk pelajar di sekolah merupakan terobosan pertama yang dilakukan oleh Kabupaten Siak. Selain itu, ia juga memerintahkan Disdukcapil Siak untuk turun ke TK dan PAUD guna memudahkan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Bupati juga memberikan pesan kepada para siswa agar terus rajin dan tekun dalam belajar untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita keluarga mereka. Dia juga menekankan pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dengan janji Pemkab Siak memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi.

"Kami melakukan investasi untuk meningkatkan SDM anak Siak dengan memberikan beasiswa untuk siswa yang berprestasi, anak PKH, dan Hafiz Al-Qur'an," tambahnya. (inf)

#Siak

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index