Polda Riau Himbau Masyarakat Tunda Perjalanan ke Sumatera Barat

Polda Riau Himbau Masyarakat Tunda Perjalanan ke Sumatera Barat
Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman dan Kasatlantas Polres Kampar AKP Viloa Dwi Anggraini (kanan) saat meninjau arus lalu lintas dari Sumbar menuju Riau di Kabupaten 50 Kota, Senin (13/5/2024).

Riauaktual.com - Longsor dan banjir bandang yang melanda wilayah Sumatera Barat telah menyebabkan sejumlah ruas jalan terputus, termasuk akses dari dan menuju Provinsi Riau dari Sumatera Barat.

Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Pol Taufiq Lukman, menekankan bahwa arus lalu lintas di wilayah Riau saat ini relatif sepi karena adanya kemacetan di Sumatera Barat. Ia mengimbau masyarakat Riau untuk sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke Sumatera Barat.

"Ada beberapa titik longsor di wilayah Sumatera Barat. Tadi malam ada longsor juga. Jadi memang lalu lintas sempat putus. Kami mengimbau masyarakat Riau yang hendak berpergian ke Sumbar agar menunda dulu," ujar Taufiq, Senin (13/5/2024).

Beberapa ruas jalan yang terkena dampak longsor antara lain Jalan Nasional Sumbar-Riau Km 20 di Kecamatan Harau dan Km 30 di Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten 50 Kota.

Taufiq dan timnya melakukan pengecekan langsung situasi arus lalu lintas hingga ke Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Jika memang ada keperluan yang sangat penting ke Sumbar, ia menyarankan masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif.

Pengendara yang menuju Kota Padang disarankan untuk menggunakan jalur alternatif melalui Kiliran Jao, Kabupaten Kuansing. Sedangkan untuk perjalanan ke Payakumbuh atau Bukittinggi, dapat melalui Jalan Lintas Barat, Riau-Sumbar.

"Sudah normal, tapi kendaraan sumbu tiga tetap kami arahkan via Kiliran Jao," pungkas perwira menengah tersebut.

#Lingkungan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index