Jelang Ramadan, Disperindagsar Rohil akan Lakukan Operasi Pasar

Jelang Ramadan, Disperindagsar Rohil akan Lakukan Operasi Pasar
Delta Norantika

Riauaktual.com - Menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah/Tahun 2024, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah menginisiasi kerja sama dengan Disperindagsar Provinsi Riau dan Bulog untuk menyelenggarakan operasi pasar murah di beberapa Kecamatan, termasuk Bangko.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Disperindagsar Rohil, Delta Norantika, yang bertindak sebagai juru bicara Kepala Dinas Disperindagsar Rohil, Mursal, di Kantor mereka di Bagansiapiapi, Rohil, Provinsi Riau, pada Selasa (5/3/2024).

Delta Norantika menjelaskan bahwa meskipun terjadi sedikit kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan, kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan dan masih dalam batas yang terjangkau sehingga daya beli masyarakat tetap stabil. Menurutnya, hal ini adalah hal yang biasa terjadi setiap tahunnya menjelang hari-hari besar seperti Ramadan, Idul Fitri, dan Natal.

Dia juga mengatakan bahwa stok atau ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Rohil selama bulan Ramadan masih terpenuhi dan tidak mengalami kelangkaan karena terus ada koordinasi antara Disperindagsar dengan distributor kebutuhan bahan pokok.

Untuk mengatasi kenaikan harga, Disperindagsar Rohil akan menggelar operasi pasar murah di Kecamatan Bangko pada Kamis, 7 Maret 2024, di Pujasera Bagansiapiapi. Sebelum operasi pasar murah dilakukan, mereka akan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Datuk Rubiah dan pasar lainnya dengan melibatkan lintas sektor.

Operasi pasar murah akan menyediakan berbagai komoditas seperti beras, tepung, minyak goreng, gula, telur, cabai, bawang, daging ayam, sirup Kurnia, dan mie instan. Harga-harga komoditas ini akan disubsidi untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat. "Disperindagsar Rohil akan bekerja sama dengan Disperindagsar Provinsi Riau dan Bulog dalam penyelenggaraan operasi pasar ini," kata Delta.

Delta Norantika juga menjelaskan bahwa Pasar Tradisional Datuk Rubiah Bagansiapiapi secara rutin melaporkan data harga bahan pokok ke Kementerian Dalam Negeri untuk pengawasan harga. Meskipun hanya Pasar Patuk Rubiah yang dilaporkan sebagai pasar percontohan setiap kabupaten, hal ini tidak berarti pasar lainnya tidak diawasi.

#Rohil

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index