Resmikan Rumah Batik Di Guntor, Bupati Optimis Ekonomi Kreatif Kuansing akan Bangkit

Resmikan Rumah Batik Di Guntor, Bupati Optimis Ekonomi Kreatif Kuansing akan Bangkit
Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby, saat menghadiri Peresmian Rumah Produksi Batik di Desa Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar, Jumat (1/3/2024) pagi.

Riauaktual.com - Kemajuan Ekonomi Kreatif menjadi salah satu Program Unggulan Pemerintah Daerah Kuantan Singingi (Kuansing). Hal itu di sampaikan Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby, saat menghadiri Peresmian Rumah Produksi Batik di Desa Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar, Jumat (1/3/2024) pagi.

24 Kelompok Usaha Bersama (KUBe) Pembatik di Kuansing dan Batik Nagori menjadi salah satu Industri Kreatif Batik yang sudah dikenal dan berkembang di Kuansing, bahkan saat ini batik Kuansing sudah dikenal seluruh mancanegara.

“Hal ini menjadi perhatian penting kedepannya dalam kemajuan Ekonomi kreatif di Kuansing terutama dibidang tekstil," ungkap Bupati H. Suhardiman saat membuka acara tersebut

Sementara Presiden Direktur Asia Pasific Rayon (APR) Basri Kamba mengatakan, perusahaannya bersedia ikut bekerjasama dan berkontribusi bersama pengusaha tekstil di Kuansing ini, kita bersedian menjadi pemasok bahan Batik salah satunya bersama Batik Nagori, Ucapnya. 

Kemudian Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan Dan Perindustrian (Kopdagrin) Kuansing Mardansyah memberikan respon baik dari yang disampaikan Basri Kamba tadi, yang mana sudah memberikan ruang bahkan nanti bahan batik ini tidak sulit lagi distribusinya, karena Pasific Rayon sudah bersedia memenuhi kebutuhan bahan untuk batik nantinya

Hal ini menjadi harapan baru, semoga kedepannya seluruh KUBe pembatik di Kuansing mempu berinovasi dan berkolaborasi lagi, karna saat ini Kuansing menjadi kiblat atau percontohan wasra di Riau.

"Batik nagori menjadi salah satu yang mampu nanti melestarikan kekayaan Budaya dengan motif lokal Kuansing," ujar Kadis Kopdagrin Mardansyah.

Turut hadir, Kepala RAPP Rayon IV Wilayah Kuansing-Kampar, Ketua Dekranasda Hj Yulia Herma Suhardiman, Asisten II Maisir, Asisten III Muradi, sejumlah Kepala OPD, Camat Gunung Toar Erdison, Ketua Asosiasi Batik Surmayanti, Kades, Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat.

#ekonomi #Kuansing #Riau

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index