Akses Pemilih Disabilitas Dipermudah oleh Kepolisian Kota Pekanbaru di Pemilu 2024

Akses Pemilih Disabilitas Dipermudah oleh Kepolisian Kota Pekanbaru di Pemilu 2024
Akses Pemilih Disabilitas Dipermudah oleh Kepolisian

Riauaktual.com - Pemilih disabilitas di Kota Pekanbaru juga dapat menyalurkan hak suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, berkat bantuan yang disediakan oleh aparat kepolisian. Di TPS 36 dan TPS 38 Kelurahan Pematang Kapau Kecamatan Tenayan Raya, Polsek Tenayan Raya menyediakan transportasi khusus untuk mengantar jemput pemilih disabilitas dari rumah ke tempat pemungutan suara.

"Ada 5 orang yang disabilitas yang menggunakan hak suaranya kami antarkan ke TPS yang tujuannya mereka bisa menggunakan hak pilihnya sebagaimana masyarakat umum," jelas Kapolsek Tenayan Raya Kompol Oka Mahendra, Rabu (14/2).

Kompol Oka menegaskan bahwa pelayanan ini diberikan untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan sukses, sehingga semua yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat menyalurkan hak suara mereka.

"Kita antarkan ke lokasi TPS untuk memberikan hak suaranya, ini demi suksesnya pemilu yang aman dan damai," ungkap Kompol Oka.

Salah satu pemilih disabilitas tuna netra, Ishadi (25), menyatakan rasa senangnya karena pada pemilu kali ini dapat menyalurkan hak suara berkat bantuan dari aparat kepolisian setempat.

"Alhamdulillah, bapak polisi cukup memandu, bisa paham tentang bagaimana gerak-gerik kami, bisa membuat kami menyalurkan hak suara kami," ungkap Ishadi.

Ishadi juga merasa gembira karena Pemilu 2024 ini merupakan pencoblosan perdana baginya, dan layanan yang diterima dari kepolisian ini baru ia rasakan pada tahun ini, begitu juga dengan layanan dari petugas KPPS di tempatnya mencoblos.

"Kebetulan ini yang pertama, kalau dulu isu disabilitas belum terlalu diangkat, kemudian pemerintah juga belum banyak tahu tentang kami barangkali ya. Tapi Alhamdulillah, untuk tahun ini sudah mulai terasa," ungkapnya.

"Irrespective of who gets elected, we hope, as people with disabilities, minorities in this country, to be prioritized in programs by whoever is elected," tambahnya. 

#PEMILU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index