Pengamat: Keunggulan di Exit Poll Bisa Meningkatkan Elektabilitas Ganjar-Mahfud

Pengamat: Keunggulan di Exit Poll Bisa Meningkatkan Elektabilitas Ganjar-Mahfud
Ganjar-Mahfud. (Istimewa)

Riauaktual.com - Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, menyatakan bahwa hasil exit poll di luar negeri dapat berdampak pada perilaku pemilih dalam negeri. Jika dilakukan oleh lembaga kredibel, hasil exit poll dapat mencerminkan preferensi pemilih secara umum.

"Kepercayaan terhadap lembaga bukan hanya tentang ketenaran, tetapi juga metode penelitian. Hasil exit poll yang dilakukan oleh lembaga luar negeri atau mahasiswa Indonesia di luar negeri, asal kredibel, tetap dapat dianggap valid," ujar Emrus kepada wartawan di Jakarta, Senin (12/1).

Pencoblosan Pilpres 2024 bagi diaspora Indonesia dilakukan lebih awal di beberapa negara, berbeda dengan Indonesia yang akan melaksanakan pencoblosan secara serentak pada 14 Februari mendatang.

Hasil exit poll Pilpres 2024 di luar negeri viral di media sosial, salah satunya dirilis oleh www.pemilumelbourne.com. Di situs tersebut, pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud), terlihat unggul sementara di beberapa negara.

Emrus memprediksi bahwa keunggulan Ganjar-Mahfud yang terlihat dalam hasil exit poll dapat berpengaruh pada hasil pemungutan suara yang sebenarnya pada 14 Februari 2024. Terlebih lagi, jika pemilih di luar negeri juga menyuarakan dukungan mereka di media sosial dan ruang publik.

"Pemilih di luar negeri cenderung lebih bebas dari pengaruh politik uang dan bantuan sosial. Mereka lebih kritis dalam menentukan pilihan tanpa tekanan. Meskipun berada di luar negeri, aspirasi mereka terhadap politik dalam negeri sangat besar," ungkap Emrus.

Emrus juga menyoroti bahwa komposisi pemilih luar negeri dapat mewakili pemilih di dalam negeri, karena mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga pekerja profesional, dengan beragam latar belakang suku.

"Dalam segi segmen, pemilih di luar negeri hampir serupa dengan pemilih di dalam negeri. Mereka terdiri dari berbagai kalangan yang mewakili masyarakat Indonesia secara keseluruhan," tambah Emrus.

Selain itu, Emrus menyatakan bahwa keunggulan Ganjar-Mahfud dalam exit poll dapat meningkatkan elektabilitas pasangan tersebut menjelang pencoblosan di dalam negeri. Namun, ia menyarankan agar publik tetap memantau hasil pemungutan suara di luar negeri melalui lembaga yang kredibel.

"Partisipasi pemilih di luar negeri yang mendukung Ganjar-Mahfud dapat memberikan pesan kepada pemilih di dalam negeri melalui teknologi informasi. Karena itu, penting untuk terus memantau perkembangan tersebut," pungkas Emrus.

#PILPRES

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index