Polda Riau dan Satpol PP Kordinasi Razia APK Pemilu di Masa Tenang

Polda Riau dan Satpol PP Kordinasi Razia APK Pemilu di Masa Tenang
Polda Riau dan Satpol PP Kordinasi Razia APK Pemilu di Masa Tenang

Riauaktual.com - Memasuki masa tenang Pemilu 2024, Korwas PPNS Ditreskrimsus Polda Riau bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau melakukan razia Alat Peraga Kampanye (APK) pada Senin (12/2/2024).

Tim dari Krimsus Polda Riau yakni Aiptu Deddy Chandra dan David B Marbun berkordinasi dengan Satpol PP. Mereka menemui Kabid Penegakan dan Pengawasan Perda Satpol PP Riau, Fanloven, bersama PPNS Satpol PP Riau, Reny Hermawati, Ono Taryono, dan R Edi S.

Razia APK ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2013 tentang Kampanye Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Fanloven mengatakan, razia APK ini bertujuan untuk membersihkan APK yang masih terpasang di tempat-tempat terlarang, seperti di jalan protokol, taman, dan fasilitas umum lainnya.

"Pembersihan APK merupakan tanggung jawab dari Parpol Peserta Pemilu, tetapi dalam hal ini Satpol PP Prov Riau akan membantu Bawaslu Provinsi Riau," kata Fanloven.

Ia menghimbau kepada seluruh partai politik dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan menyukseskan pemilihan umum tanggal 14 Februari 2024.

Razia APK ini melibatkan personel Satpol PP Prov. Riau dan Bawaslu Provinsi Riau. Petugas menyisir berbagai lokasi di Kota Pekanbaru untuk mencari APK yang masih terpasang.

Hasil razia, petugas mengamankan ratusan APK dari berbagai partai politik. APK yang diamankan selanjutnya dibawa ke Kantor Satpol PP Prov. Riau untuk ditertibkan.

Masyarakat diimbau untuk tidak memasang APK di tempat-tempat terlarang dan segera membersihkan APK yang telah terpasang.
Sementara itu, Aiptu Deddy Chandra berharap kordinasi ini dapat menunjang kerja sama antara Polda Riau dengan Satpol PP dalam hal menciptakan suasana yang sejuk dalam Pemilu 2024.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024," ujar Aiptu Deddy.

#PEMILU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

POLISI PEMILU

Index

Berita Lainnya

Index