Jalan Lintas Riau-Sumbar Rawan Longsor, BPBD Riau Ingatkan Pengendara Tetap Waspada

Jalan Lintas Riau-Sumbar Rawan Longsor, BPBD Riau Ingatkan Pengendara Tetap Waspada
Akses jalan lintas Riau-Sumatera Barat (Sumbar) di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Riauaktual.com - Akses jalan lintas Riau-Sumatera Barat (Sumbar) di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar yang sempat terhambat karena longsor kembali dapat dilewati dengan normal, Jumat (26/1/2024) petang.

Arus lalu lintas di jalan lintas tersebut bisa dilalui dengan normal setelah setelah Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Riau menurunkan alat berat di lokasi untuk membersihkan tanah dan bebatuan yang menimbun badan jalan.

"Jalan lintas Riau-Sumatera sudah bisa dilewati dua jalur sore kemarin. Karena badan jalan yang sempat tertimbun longsor sudah dibersihkan Satker PJN dengan menurunkan alat berat ke lokasi longsor," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal melalui Kepala Bidang Kedaruratan, Jim Gafur, Sabtu (27/1/2024) kemarin.

Meski sudah bisa dilewati dua jalur, Jim Gafur mengingat kepada pengendara untuk tetap harus hati-hati ketika melewati titik longsor, sebab potensi longsor masih ada.

"Pengendara hati-hati dan waspada ketika melewati jalan lintas Riau-Sumbar yang berada di titik longsor. Karena daerah ini rawan longsor, karena sepanjang jalan tersebut banyak tebing. Apalagi hujan masih sering terjadi di lokasi rawan longsor," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Riau Rudisman mengatakan, proses perbaikan dilakukan untuk memastikan akses transportasi yang memiliki peran penting bagi masyarakat tersebut dapat kembali beroperasi secara lancar.

"Iya, begitu dapat informasinya kita susah turunkan tim ke lokasi. Alhamdullah, sekarang sudah normal dan bisa dilintasi kendaraan. Proses pembersihan longsor mendatangkan alat berat, seperti dua unit Excavator dan dua unit Wheal Loader. Selain itu satu unit Motor Greader serta 1 unit Water Pump diturunkan untuk membersihkan lokasi longsor yang cukup tinggi," katanya.

Untuk diketahui, Jalan Lintas Riau-Sumbar tepatnya di Kilometer 90, Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau terjadi longsor pagi tadi. Saat ini ruas jalan nasional itu sudah bisa dilalui kendaraan namun dengan sistem buka tutup.

#Lingkungan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index