Polsek Kempas Hadiri Pelantikan Pengawas TPS, Sampaikan Pemilu Damai

Polsek Kempas Hadiri Pelantikan Pengawas TPS, Sampaikan Pemilu Damai
Polsek Kempas Hadiri Pelantikan Pengawas TPS, Sampaikan Pemilu Damai

Riauaktual.com - Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Kapolsek Kempas yang diwakili Kanit Binmas, IPTU Saliman, turut hadir dalam acara pelantikan pengambilan sumpah janji pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kecamatan Kempas. Senin (22/1/24).

Acara yang berlangsung di Gedung Olahraga Kantor Desa Sungai Gantang Kecamatan Kempas ini menjadi momentum penting dalam persiapan menjelang pemilu 2024. Peran pengawas TPS sangat krusial dalam menjaga integritas dan keamanan jalannya proses pemilihan.

Acara Pelantikan pengambilan sumpah janji pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kecamatan Kempas dilakukan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Kempas Erwin Syarif, S.Pd, SH dan dipandu oleh Rohaniawan KUA Kec. Kempas Ust. Muhammad Zaini, SH.I. 

Kemudian turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kempas Sumitro, SE, Kapolsek Kempas diwakili Kanit Binmas IPTU Saliman, Ketua PPK Kempas Jawardi, Para Kades/Lurah Se-Kecamatan dan Kempas dan Kanit Intelkam Polsek Kempas Bripka Wian Inbarkah

“Dalam melaksanakan tugas pengawasan, pengawas TPS memiliki peran yang sangat strategis. Keberhasilan pemilu tidak hanya bergantung pada kesiapan penyelenggara, tetapi juga dukungan dan pengawasan dari masyarakat,” kata AKP Mardani.

“Para Pengawas TPS harus bersikap netral dan profesional dalam menjalankan tugasnya serta menjalin komunikasi yang baik dengan petugas kepolisian selama proses pemilihan berlangsung. Jangan sampai terpengaruh oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," ujar AKP Mardani.

“Pengawas TPS diharapkan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan adil. Jaga netralitas, sampaikan laporan dengan cepat jika ada hal yang mencurigakan, dan bekerja sama dengan petugas kepolisian untuk menjaga keamanan di sekitar TPS,” tambah Kapolsek.

Polsek Kempas berkomitmen siap mendukung dan mengawal jalannya pemilu secara aman, adil, dan transparan serta siap bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan berlangsung.

“Saya mengimbau kepada para Pengawas TPS yang baru saja dilantik, untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan TPS masing-masing. Laporkan kepada aparat keamanan jika terjadi gangguan keamanan di lingkungan TPS,” tutup AKP Mardani.

Pada kesempatan yang lain Ketua PPK Kempas menyampaikan bahwa Pengawas TPS yang baru saja dilantik sebanyak 131 orang mengucapkan komitmen untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 

"Mereka berjanji akan menjaga integritas dan mendukung jalannya pemilihan dengan profesionalisme," kata Erwin Syarif.

#PEMILU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

POLISI PEMILU

Index

Berita Lainnya

Index