Kapal Tangker Pertamina Tabrak Tiang Jembatan Kaca Siak

Kapal Tangker Pertamina Tabrak Tiang Jembatan Kaca Siak
Kondisi Tiang Jembatan Kaca Siak Usai Ditabrak Kapal Tangker Pertamina

Riauaktual.com - Kapal Tangker milik Pertamina dengan nama Wijaya Kesuma III menabrak tiang penyangga Jembatan Kaca Sky Walk di Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, pada Jumat (12/01/2024) sekitar pukul 20:00 WIB. Kejadian ini menyebabkan salah satu tiang beton patah.

Berdasarkan laporan dari lapangan, setelah menabrak, kapal tangker tersebut melanjutkan perjalanan ke arah Sungai Apit.

Kepala Dinas PU Siak, Irving Kahar Arifin, yang diwakili oleh Kepala Bidang Bina Marga Arif Aditya, mengonfirmasi kejadian ini. Mereka telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Siak dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pekanbaru.

Arif Aditya menjelaskan bahwa kapal tangker dari Pertamina menabrak tiang penyangga jembatan kaca Skywalk tahap II yang masih dalam tahap pengerjaan dan belum dibuka untuk umum. Kejadian ini terjadi dekat Tangsi Belanda.

Meskipun kapal tersebut melanjutkan perjalanan setelah insiden, pihak Polairud Polres Siak telah berkoordinasi dengan kapten kapal untuk meminta klarifikasi dan pertanggungjawaban atas kelalaian tersebut.

Menurut Arif, kapal tersebut tetap melanjutkan perjalanan karena harus on-time mengantar minyak. Koordinasi juga telah dilakukan dengan KSOP karena izin dan surat jalan dari kapal terdaftar di KSOP Pekanbaru.

Untuk sementara, tiang yang patah akan disangga menggunakan crane atau derek jangkung. Meskipun tiang tersebut mengalami kerusakan, lantai kaca di atasnya tidak mengalami keretakan atau pecah, dan struktur lainnya masih kokoh karena tiang penyangga lainnya masih berfungsi dengan baik.

#Siak

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index