KPU Jamin Tidak Ada Alat Bantu Menempel pada Kontestan Debat Mendatang

KPU Jamin Tidak Ada Alat Bantu Menempel pada Kontestan Debat Mendatang
Debat cawapres yang digelar KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, 22 Desember 2023/Rep

Riauaktual.com - Penggunaan microphone pada debat calon presiden (capres) yang kedua pada 7 Januari 2024 mendatang, dipastikan tidak lagi sebanyak 3 perangkat.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz usai memimpin rapat evaluasi debat calon wakil presiden (cawapres), di Ruang Sidang Utama Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12).

"Kalau kami menyatakan itu pakai (satu) mic yang dipasang di podium," ujar Mellaz yang dilansir dari RMOL.id.

Belajar dari pelaksanaan debat cawapres yang berlangsung pada 22 Desember 2023 lalu, KPU memastikan penggunaan satu mic yang menempel di podium supaya tercipta suasana debat kondusif.

"Podium posisinya memang seperti jangkar. Dan yang kedua, mikrofonnya satu saja. Jadi tetap di podium. Jadi asumsinya ruang geraknya di podium itu saja," ucapnya.

Lebih lanjut, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU RI itu juga menjamin tidak ada alat bantu lain menempel di badan kontestan debat.

Hal itu dia tegaskan lantaran muncul informasi di masyarakat, yang menyebut ada alat bantu earphone dipakai cawapres saat debat sebelumnya.

"Nah, itu diantisipasi. Tadi muncul juga pertanyaan itu (dalam rapat evaluasi). Tapi kenapa secara prinsip ada podium? Karena itu sebagai jangkarnya lah," demikian Mellaz menambahkan.



#Politik #PILPRES
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index