CSIS: Prabowo-Gibran Berjaya di Sumatera

CSIS: Prabowo-Gibran Berjaya di Sumatera
Tangkapan layar hasil suvei CSIS/Rep

Riauaktual.com - Elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dari pasangan Anies-Muhaimin (Amin) dan Ganjar-Mahfud di wilayah Sumatera.

Hal itu terungkap dari survei terbaru Center for Strategic and International Studies (CSIS) bertajuk “Peta Pilpres Terkini Pasca-Debat Calon Presiden” yang dirilis secara daring, Rabu (27/12).

“Untuk Sumatera, Anies-Muhaimin 34,4 persen, Prabowo-Gibran 36,5 persen, Ganjar-Mahfud 14,4 persen,” jelas Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, saat memaparkan hasil surveinya.

Meski begitu, lanjut Arya, pasangan Prabowo-Gibran justru seri dengan Amin di dua wilayah, Jakarta dan Banten. Sementara pasangan Ganjar-Mahfud di posisi ketiga.

“Untuk Jakarta dan Banten, Anies-Muhaimin 35,2 persen, Prabowo-Gibran 35,2 persen, Ganjar-Mahfud 10,5 persen,” tuturnya yang dilansir dari RMOL.id.

Sedang pasangan Ganjar-Mahfud unggul atas Prabowo-Gibran dan Amin di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Anies-Muhaimin (13 persen), Prabowo-Gibran (36,5 persen), Ganjar-Mahfud (43,5 persen),” kata Arya.

Survei CSIS digelar pada medio 13-18 Desember 2023, menggunakan metode multistage random sampling.

Penarikan sampel mempertimbangkan proporsi antara jumlah pemilih dan jumlah sampel pada setiap provinsi, proporsi perempuan dan laki-laki dan kategori daerah urban dan rural.

Survei melibatkan 1.300 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia, dengan margin of error sebesar +/- 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen



#PILPRES
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index