Kasau Tutup JFWC ke-4 dan Latma Elang Indopura ke-22 di Lanud Roesmin Nurjadin

Kasau Tutup JFWC ke-4 dan Latma Elang Indopura ke-22 di Lanud Roesmin Nurjadin
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo

Riauaktual.com - TNI Angkatan Udara dan Republic of Singapore Air Force telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Joint Fighter Weapon Course (JFWC) ke-4 yang dicombine dengan Latma Elang Indopura ke-22 Tahun 2023 yang telah berlangsung sejak 15 September sampai 30 November 2023.

JFWC ke-4 dan Latma Elang Indopura ke-22 tersebut kemudian ditutup secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, bersama Chief Of Air Force Of The Republic Of Singapore Air Force, Major General Kelvin Khong, bertempat di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kamis (30/11/2023).

Kasau mengungkapkan Joint Fighter Weapon Course dimaksudkan untuk meningkatkan kualifikasi menjadi seorang penerbang tempur yang handal.

"Dalam JFWC dan Latma Elang Indopura ini skill dan profesionalisme penerbang diasah dengan berbagai pengetahuan tentang persenjataan modern dan taktik tempur modern," katanya.

Ditambahkan Kasau latihan bersama antara TNI AU dan RSAF menggunakan platform pesawat yang sama yaitu pesawat F 16 dengan jumlah siswa JFWC masing-masing negara berjumlah tiga penerbang.

“Kegiatan ini menunjukkan bahwa kita memiliki hubungan yang sangat baik dengan Angkatan Udara Singapura, dan semuanya ini adalah tujuannya untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan perdamaian di regional," ungkap Kasau.

"Dan yang kedua juga ini kita combine dengan Elang Indopura yang ke -22 ini sudah kita lakukan hampir setiap tahun dan disini kita juga melatih para penerbang kita di dalam melaksanakan operasi udara bersama," sambung Kasau.

Kasau juga menyampaikan Elang Indopura ke -22 tahun ini ada keistimewaan dengan pelaksanaan pengisian bahan bakar di udara atau Air to Air Refuelling (AAR) dimana bertindak sebagai tanker adalah pesawat A 330 MRTT RSAF.

"Kegiatan pengisian bahan bakar di udara ini khususnya antar negara dibutuhkan saling mempercayai yang tinggi baik dari pihak tanker maupun pesawat yang melakukan air refuelling. Dengan suksesnya pelaksaanan latihan AAR ini sekali lagi membuktikan kita (TNI AU) mampu bekerja sama dengan Singapura," ungkapnya lagi.

Rangkaian acara penutupan JWFC ke-4 dan Latma Elang Indopura ke-22 Tahun 2023 di Lanud Roesmin Nurjadin dihadiri oleh pejabat Utama kedua Angkatan Udara.

Selesai penutupan latihan dilanjutkan dengan foto bersama dan meninjau target berupa kendaraan yang disimulasikan menjadi sasaran tembak saat latihan bersama.

#TNI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index