Kalah dari Sriwijaya FC, PSPS Riau Putus Harapan Lolos 12 Besar

Kalah dari Sriwijaya FC, PSPS Riau Putus Harapan Lolos 12 Besar
PSPS Riau Putus Harapan Lolos 12 Besar. KO

Riauaktual.com - PSPS Riau ditekuk 0-1 oleh Sriwijaya FC di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, Kamis (30/11) malam. PSPS yang bermain di laga kandang terakhir pada putaran kedua Liga 2 Grup A, gagal meraih kemenangan tiga dan memutus asa masuk 12 besar Liga 2 Indonesia.

Di mana PSPS yang berada di peringkat ke-5 Grup A hanya mengoleksi 10 poin, sementara Sriwijaya FC yang berada di posisi ke-4 berhasil menambah tiga poin di laga PSPS Riau. Dengan total 13 poin, Sriwijaya FC masih sangat berpeluang untuk lolos masuk 12 besar.

Di awal babak pertama, kedua tim bermain saling serang. Keduanya bermain aman tanpa adanya pelanggaran. Menjelang masuk pertengahan babak pertama, PSPS Riau terus berupaya memberikan ancaman ke gawang Sriwijaya FC. Namun, umpan-umpan yang diberikan kepada pemain depan PSPS masih mampu dimentahkan pemain belakang Sriwijaya.

Begitu juga dengan Sriwijaya FC yang beberapa kali memberikan umpan terobosan dan lambung ke depan gawang PSPS Riau. Namun, upaya itu berhasil diamankan oleh kiper PSPS Riau Erlangga (55).

Pada menit ke-16, pemain PSPS Riau Bruno Silva (91) malah mendapat kartu kuning dari wasit setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Sriwijaya saat duel di tengah lapangan.

Pertandingan babak pertama terus berlanjut, namun gol dari kedua tim belum juga tercipta. Bukannya gol, kini giliran pemain Sriwijaya Herwin Tri Saputra yang mendapatkan kartu kuning dari wasit pada menit ke-29.

Laga terus berlanjut, kedua tim terus membangun serangan agar bisa mencetak gol. Namun hingga menit ke-40 kedua belum juga mengubah skor kacamata 0-0.

Pada menit ke-44, peluang gol diberikan kepada tim tamu Sriwijaya FC. Namun, pemain Sriwijaya FC Yevhen Baha (10), yang berhasil mencetak gol ke gawang Erlangga, lebih dulu berada di posisi offside. Skor 0-0 untuk kedua tim masih bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, PSPS Riau dan Sriwijaya FC langsung melakukan pergantian pemain. PSPS Riau menggganti Yohanes Kandaimu (50) dengan Afiful Huda (5), kemudian Tegar Hening Pangestu (39) digantikan oleh Takwir Rahman (56).

Sementara Sriwijaya FC menggantikan Herwin Tri Saputra (20) dengan Muttaqin (15).

Menit-menit awal babak kedua, kedua tim tampak memberikan serangan serius. Namun serangan tersebut belum berhasil dikonversi menjadi gol.

Tak berselang lama, PSPS Riau kembali mengganti dua pemainnya pada menit ke-59. Pelatih PSPS Riau Ridwan mengeluarkan H Habrian (28) dan menggantikannya dengan Yudhi Aditya (9). Kemudian menggantikan Christ Rumbiak (11) dengan Firman Septian (21).

Baru beberapa menit berselang, kejadian fatal terjadi pada pemain Sriwijaya FC Tomi Darmawan (22). Tomi berbenturan dengan pemain PSPS Riau hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Tinggal 10 pemain di lapangan, Sriwijaya FC memasukkan M Nur Iskandar (17) untuk menggantikan posisi Tomi.

Tak berselang lama setelah Iskandar masuk, Sriwijaya FC akhirnya berhasil menciptakan gol lewat kaki Bokhashvili E (10) di menit ke76. Bokhas yang mendapatkan umpan cantik dari dari Alesandro (77) berhasil menggetarkan gawang PSPS Riau. Skor 0-1 keungulan untuk Sriwijaya FC.

Berselang 6 menit, pemain Sriwijaya FC Amabel Rahmansyah (44) mendapatkan kartu kuning kedua sekaligus kartu merah setelah melanggar pemain depan PSPS Riau Omid (10). Kemudian empat menit berjalan, giliran pemain PSPS Riau Andika Kurniawan (13) yang mendapatkan kartu merah dari wasit. 

Tak butuh waktu lama, wasit kembali memberikan kartu merah ketiganya kepada pemain Sriwijaya FC Bokhas pada menit ke-88, yang baru saja mencetak gol ke gawang PSPS Riau. Meski sudah tiga pemain yang terkena kartu merah, skor masih bertahan 0-1, dan keunggulan untuk Sriwijaya FC.

Menjelang akhir babak kedua, PSPS Riau mengeluarkan Eriyanto (3) dan digantikan oleh Dama Indriyana (14). Begitu juga dengan Sriwijaya FC yang mengeluarkan dua pemainnya Resa Aditya (80) dan Ibrahim (16). Kedua pemain itu digantikan oleh Mukminin (8) dan Bawuo (11).

PSPS Riau yang bermain 10 pemain dan tertinggal 0-1 dari Sriwijaya, terus berupaya menggempur pertahanan Sriwijaya yang hanya 9 pemain. Beberapa kali bola berada di depan gawang Sriwijaya masih bisa diamankan oleh kiper Yoewanto (23).

Namun hingga babak kedua berakhir  skor 0-1 tak berubah, dan kemenangan untuk Sriwijaya FC.

Berikut susunan pemain PSPS Riau dan Sriwijaya FC

PSPS Riau:

Erlangga Setyo Dwi (GK), Eriyanto, Omid Popalzay, Andika Kurniawan, Asir Aziz, Hari Habrian, Tegar Hening Pangestu, Yohanes Kandaimu, Syahrul Mustofa, Bruno Silva, Ilham Fathoni (C)

Pelatih: M Ridwan Saragih

Sriwijaya FC:

Yoewanto Stya Beny (GK), Chenco G, Yeven Bokhasvili, Hafit Ibrahim, Herwin Tri Saputra (C), Tomi Darmawan, Amabel Ramansyah, Irwanto Bajo, Fransiskus Alessandro, Resa Aditya Nugraha.

Pelatih: Hendri Susilo

Meski 10 menit tambahan waktu, kedua tim tidak tambahan gol. PSPS Riau yang unggul jumlah pemain tak mampu menggetarkan gawang Sriwijaya FC. Hingga peluit dibunyikan wasit, skor 0-1 tidak berubah dan kemenangan untuk Sriwijaya FC.

#PSPS

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index