Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Bantuan Beasiswa Mahasiswa Pekanbaru Diusulkan Rp2 Miliar di 2024

Bantuan Beasiswa Mahasiswa Pekanbaru Diusulkan Rp2 Miliar di 2024
Tri Sepna Saputra

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kembali mengusulkan bantuan beasiswa sebesar Rp2 miliar di APBD murni tahun 2024. Nantinya bantuan ini bakal diberikan pada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

"Iya, kita sudah usulkan. Angkanya masih sama dengan tahun ini (Rp2 miliar)," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdako Pekanbaru Tri Sepna Saputra, Senin (6/11).

Ia menuturkan, bantuan beasiswa tersebut masih tetap diperuntukan bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu di jenjang pendidikan Diploma Tiga (D3) dan Starta Satu (S1).

"Iya masih sama juga (peruntukannya), D3 dan S1," terang Putra, sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun kembali mengalokasikan bantuan beasiswa sebesar Rp2 miliar di APBD murni 2023 untuk membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu.

Bantuan beasiswa sendiri sudah lama ditiadakan Pemko Pekanbaru dengan berbagai alasan. Namun kembali dianggarkan pemerintah kota sejak tahun 2023 ini.

Terdapat sebanyak 1.200 mahasiswa yang mendaftar untuk bisa mendapatkan bantuan beasiswa sebesar Rp4 juta untuk S1 dan Rp3 juta bagi D3.

Akan tetapi dari hasil seleksi administrasi, hanya 615 di antaranya yang memenuhi persyaratan. Kemudian dari 615 orang tersebut, yang terakomodir di APBD murni 2023 hanya 488 orang.

Untuk itu, Muflihun kembali menyiapkan anggaran di APBD Perubahan 2023 agar mahasiswa yang memenuhi syarat dan belum terakomodir di APBD murni 2023 juga bisa mendapatkan bantuan beasiswa yang sama.

Saat ini, penyaluran bantuan beasiswa tahap kedua tersebut masih menunggu proses pemakaian APBD-P 2023. Ditargetkan, bantuan sudah disalurkan ke mahasiswa penerima sebelum akhir Desember mendatang. Ades

#Pendidikan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index