Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Ditlantas Polda Riau Berlakukan Penindakan Kamera ETLE di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai

Ditlantas Polda Riau Berlakukan Penindakan Kamera ETLE di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai
Pemasangan Kamera ETLE di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai

Riauaktual.com - Hari ini, Senin (30/10/2023) Ditlantas Polda Riau memberlakukan penindakan kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Tol Pekanbaru - Dumai.

Dimana pemasangan kamera ETLE sudah dilakukan pemasangan sejak bulan April 2023 dan diberlakukan hari ini setelah melewati uji coba, sosialisasi dan lain sebagainya.

"Untuk operasional sudah lama terpasang, sekarang sudah terkoneksi dengan ETLE Polri. Sudah diberlakukan untuk penindakan," terang Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Riau, AKBP Budi Setiawan.

Adapun jumlah pemasangan kamera ETLE kata mantan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru itu sebanyak dua unit.Titik kamera berada di titik kilometer 33 pintu Kandis Selatan.

Di titik ini ada 2 kamera CCTV yang dipasang di kedua jalurnya, baik dari arah Pekanbaru ke Dumai, maupun sebaliknya.

"Kemungkinan kedepannya akan ditambah. Kamera ETLE ini nantinya bisa mengukur kecepatan melebihi batas serta tidak menggunakan safety belt," terang Budi.

Selain ETLE lanjut Budi, pihaknya juga sudah mengkoneksikan sistem Weight in Motion (WIM) milik Hutama Karya selaku pengelola tol, yang dapat mendeteksi kendaraan over dimension over load (ODOL).

Selain itu untuk informasi, kamera ETLE atau sistem ETLE pertama kali diluncurkan, Selasa (23/3/2023) lalu di Riau.

Pemasangan kamera ETLE diantaranya Simpang Jalan HR Soebrantas - Jalan SM Amin, Simpang Jalan Harapan Raya - Jalan Sudirman, Bundaran Tugu Zapin dan Simpang Jalan Tuanku Tambusai - Jalan Soekarno Hatta.

Selain kamera ETLE yang terpasang, Ditlantas Polda Riau juga memiliki kamera ETLE handheld. Kamera ini dapat dibawa oleh personel polantas saat melakukan patroli di lapangan. Cara kerjanya sama dengan kamera ETLE yang terpasang atau statis.

#Riau #Lalulintas

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index