Prabowo Pilih Gibran Rakabuming Raka Sebagai Cawapres dalam Pilpres 2024

Prabowo Pilih Gibran Rakabuming Raka Sebagai Cawapres dalam Pilpres 2024
Foto: Menhan Prabowo dan Wali Kota Solo Gibran hadiri Hari Veteran Nasional di UNS/Dok: dokumentasi Tim Media Prabowo Subianto

Riauaktual.com - Prabowo Subianto, Ahad malam (22/10/2023), resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024. Pengumuman ini mengakhiri teka-teki dan spekulasi seputar pasangan Prabowo di ajang perebutan kursi nomor satu dan dua di Indonesia.

Prabowo menyampaikan pengumuman besar ini setelah rapat bersama ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta. Koalisi tersebut terdiri dari Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, Partai Garda Republik, dan Partai Prima.

"Kami, Koalisi Indonesia Maju, sepakat mengusung saya sebagai capres dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres," ujar Prabowo.

Sebelumnya Partai Golkar juga telah menunjuk Gibran sebagai cawapres Prabowo dalam Rapimnas di Jakarta. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menilai keputusan ini adalah langkah luar biasa, mengingat sebelumnya ia sendiri sempat dicalonkan sebagai capres atau cawapres.

"Semua konsensus mendukung Gibran Rakabuming Raka untuk dipasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal calon wakil presiden RI," ujar Airlangga.

Pendaftaran Prabowo-Gibran ke KPU akan dilaksanakan pada Rabu (25/10/2023). Dengan demikian, pasangan ini akan bersaing dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang telah lebih dulu mendaftar.
 

#PILPRES #Politik

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index