Harimau Muncul di KM 14 Pusako, KSDA Riau Pasang Kamera Trap

Harimau Muncul di KM 14 Pusako, KSDA Riau Pasang Kamera Trap
Harimau Muncul di KM 14 Pusako

Riauaktual.com - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau bergegas ke lokasi penampakan Harimau Sumatera di Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, tepatnya di KM 14, sebuah kawasan milik PT Arara Abadi. Keberadaan harimau ini telah dikonfirmasi oleh tim BKSDA Riau setelah meninjau video yang beredar.

Kepala BKSDA Riau, Genman S Hasibuan, mengonfirmasi pada Sabtu (21/10/2023) bahwa penampakan harimau itu memang benar adanya. Harimau itu muncul di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) dan masih berada dalam kawasan yang satu wilayah dengan Taman Nasional (TN) Zamrud.

Genman menyebutkan bahwa munculnya harimau ini diduga karena adanya hewan ternak warga yang berkeliaran di konsesi tersebut. Harimau tersebut mungkin mengintai hewan ternak itu. Data menunjukkan bahwa pernah ada insiden sapi yang dimangsa oleh harimau di lokasi tersebut.

"Keberadaan harimau itu di habitat alaminya dan masih satu hamparan dengan kawasan TN Zamrud," jelas Genman.

Untuk memantau keberadaan harimau tersebut, tim BKSDA Riau telah memasang kamera pengintai atau kamera trap di lokasi. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi lebih lanjut mengenai keberadaan dan aktivitas harimau tersebut.

Sebagai langkah awal, satu unit kamera trap sudah dipasang, dan tim akan terus memantau hasil tangkapan kamera tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang harimau ini. Keberadaan harimau di kawasan tersebut menjadi perhatian serius, mengingat mereka adalah satwa yang dilindungi dan memiliki peran penting dalam ekosistem hutan.

Tim BKSDA Riau akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan masyarakat setempat untuk memantau dan menjaga keberadaan harimau tersebut, sehingga konflik antara satwa liar dan manusia bisa dihindari, dan keberadaan harimau Sumatera dapat tetap terjaga di habitat alaminya.

#HEWAN #Lingkungan #Siak

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index