Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Bupati Kuansing Dorong Inklusi Keuangan UMKM

Bupati Kuansing Dorong Inklusi Keuangan UMKM
Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2023

Riauaktual.com - Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM, mengambil langkah proaktif dalam Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2023. Melalui kegiatan zoom meeting yang dihadiri oleh 12 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau, beliau menekankan pentingnya pemerataan akses keuangan kepada masyarakat.

Kegiatan ini, yang bertema "Akses Keuangan Merata Masyarakat Sejahtera," digelar pada Rabu (18/10/2023) di Pendopo Rumah Dinas. Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, secara langsung membuka acara ini, mengajak semua pihak untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan.

Fokus utama Bupati Suhardiman adalah untuk membawa pemerataan akses keuangan ke semua lapisan masyarakat, khususnya pelaku usaha UMKM. Melalui kolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), ia mengadakan pelatihan dan edukasi bagi perwakilan OPD dan pelaku UMKM.

"Pelatihan ini dirancang untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan transisi ke sistem keuangan digital," kata Suhardiman.

Dia mengajak para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan teknologi digital dalam transaksi keuangan. Keberadaan platform digital diharapkan dapat mempermudah, mempercepat proses transaksi, dan meningkatkan efisiensi bagi UMKM.

"Kita harus siap mengikuti perkembangan zaman, transaksi keuangan digital bukan hanya mempermudah namun juga lebih aman. Tidak perlu membawa uang tunai, cukup menggunakan handphone," imbuh Bupati yang akrab disapa Dt. Panglimo Dalam.

Gubernur Riau, Syamsuar, juga menekankan pentingnya acara ini untuk menumbuhkan kepedulian, budaya menabung, dan perlindungan konsumen di tengah masyarakat. Bulan Inklusi Keuangan menjadi momentum strategis untuk mewujudkan masyarakat yang literat dalam hal keuangan dan siap menghadapi era digitalisasi.

#Kuansing

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index