Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Bupati Sukiman Kembali Menerima Penghargaan atas Komitmennya Menurunkan Angka Stunting di Rohul

Bupati Sukiman Kembali Menerima Penghargaan atas Komitmennya Menurunkan Angka Stunting di Rohul
Bupati Sukiman Kembali Menerima Penghargaan

Riauaktual.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu telah berhasil menurunkan angka stunting sebesar 3,8 persen berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI). Capaian ini adalah hasil dari komitmen dan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, menerima penghargaan atas prestasi ini langsung dari Gubernur Riau.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I Provinsi Riau, Masrul Kasmy, pada acara Rakor Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkesnas/JKN) kabupaten/kota se Provinsi Riau di Ball Room SKA Co-Ex Pekanbaru pada hari Senin (31/7/2023).

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas penurunan prevalensi angka stunting berdasarkan hasil SSGI. Angka stunting yang sebelumnya mencapai 58,9 persen telah turun menjadi 22 persen pada tahun 2022, dan kemudian turun lebih jauh menjadi 3,8 persen setiap tahunnya. Angka untuk tahun 2023 akan diumumkan pada Desember 2023.

"Angka stunting di Rokan Hulu saat ini berada di 22 persen, dan target kami adalah menurunkan angka ini menjadi 14 persen pada tahun 2024," ungkap Bupati Sukiman.

Untuk mencapai target ini, Bupati Sukiman menjelaskan bahwa semua pihak harus terlibat. Program-program terkait stunting harus dimasukkan di tingkat desa yang menjadi fokus penurunan angka stunting. Kecamatan juga harus terlibat dalam menggiatkan posyandu dan mendampingi keluarga, termasuk remaja, calon pengantin, ibu hamil, dan pasca persalinan hingga anak berusia 2 tahun. Dana desa juga harus dialokasikan untuk kegiatan penurunan angka stunting agar pengawasan dan intervensi berjalan dengan baik.

Pada waktu yang dekat, akan diadakan rembuk stunting tingkat kabupaten yang dihadiri oleh semua pemangku kebijakan, mulai dari Bupati, Sekda, Camat, Kepala Desa lokus stunting beserta istri, dan kepala puskesmas.

Dalam acara ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin SKm, MKes, hadir sebagai pemimpin sektor kegiatan dari provinsi Riau. Acara juga dihadiri oleh Kepala Deputi BPJS Kesehatan Regional Provinsi Riau.

Dari Kabupaten Rokan Hulu, tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial P3A, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Kepala Dinas Dukcapil, dan Kepala Dinas DPMPD. ADV

 

#Rohul #Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index