Maintenance, Sejumlah Layanan Disdukcapil Pekanbaru Gangguan

Maintenance, Sejumlah Layanan Disdukcapil Pekanbaru Gangguan
Warga mengantri mengakses layanan di Kantor Dukcapil Pekanbaru

Riauaktual.com - Layanan penerbitan Kartu Keluarga (KK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru alami gangguan. Pasalnya, saat ini ada maintenance atau perawatan jaringan dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE).

Dengan adanya maintenance BSrE, sebagai pengelola Tanda Tangan Elektronik (TTE) dokumen, sejumlah layanan alami gangguan. Layanan yang terdampak seperti penerbitan KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan dan Perceraian, SKPWNI, KK Pendatang, dan lain-lain.

"Kecuali layanan untuk penerbitan KTP-E dan KIA (Kartu Identitas Anak) itu tidak ada masalah. Ada maintenance, dari balai sertifikasi elektronik," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Kamis (5/10).

Ia menuturkan, perawatan jaringan ini dimulai sejak Senin (2/10) kemarin. Karena itu, sejumlah layanan di Disdukcapil Pekanbaru mengalami kendala. Masyarakat yang ingin melakukan pencetakan KK dan dokumen lainnya harus menanti hingga jaringan normal kembali.

"Kendalanya itu untuk tandatangan elektronik (TTE) dokumen kependudukan, termasuk KK. Karena ada pemeliharaan sistem di BSrE," ulasnya.

Namun begitu kata Irma, saat ini layanan di Disdukcapil Kota Pekanbaru sudah berangsur pulih. Layanan untuk pencetakan KK dan dokumen lain tetap dilakukan walaupun kondisi jaringan belum sepenuhnya normal.

"Saat ini sudah berangsur pulih kembali. Kalau untuk cetak KTP normal tidak ada kendala," jelas Irma.

Apalagi saat ini pihaknya masih memiliki stok blangko e-KTP sebanyak 8 ribu keping. Jumlah ini masih mencukupi kebutuhan hingga 15 hari kedepan. Karena saat ini Disdukcapil Pekanbaru rata-rata mencetak 600 sampai 700 KTP per hari. 

#Pekanbaru #Pemko Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index