Rencana Bangun 3 Sekolah, Disdik Baru Dapat 1 Lahan Hibah

Rencana Bangun 3 Sekolah, Disdik Baru Dapat 1 Lahan Hibah
Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, masih mencari lahan untuk membangun tiga sekolah baru di tahun 2024. Ketersediaan lahan masih menjadi kendala terkait rencana pembangunan sekolah ini.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, hingga saat ini pihaknya baru mendapatkan satu lahan hibah untuk dibangun sekolah. Masih kurang dua bidang lahan lagi untuk pembangunan dua sekolah lainnya.

"Jadi sebenarnya kami menyiapkan 3 titik. Dari tiga yang kita rencanakan itu yang sudah jelas tanahnya baru satu, tapi ini kan sedang berjalan. Yang jelas untuk tanahnya baru satu yang sudah pasti, itu di daerah Kulim," kata Abdul Jamal, Selasa (3/10).

Ia menuturkan, pihaknya memang membutuhkan tiga lokasi untuk membangun 3 SMP negeri. Namun, memang kini baru satu yang sudah pasti yakni di daerah Kulim. Pihaknya masih mencari lahan hibah lainnya.

"Kalau rencana ada tiga, itu di Kulim, Tuah Madani perbatasan Kampar dan juga di Rumbai tepatnya di Simpang Bingung dekat makam Covid-19," terang Jamal.

Jika nanti pihaknya tidak mendapatkan tanah hibah, pihaknya akan membuat Ruang Kelas Baru (RKB) di sekolah terdekat. Itu yang menjadi rencana.

"Contoh untuk di Tuah Madani perbatasan Kampar itu kita bisa tambah RKB di SMP 42, itu kita tambah RKB. Kemudian kalau untuk di Rumbai itu, yang kita tambah mungkin di SMP 24 nya. Itu alternatif karena tanah belum jelas, namun kita akan cari lagi dengan camat," ungkapnya.

Jamal menambahkan, untuk pembangunan satu sekolah itu menghabiskan anggaran mencapai Rp6 Miliar. Itu sudah termasuk biaya pembuatan pagar, rumah jaga dan juga 8-10 RKB. Tapi itu belum termasuk ruang guru.

"Untuk penganggaran sudah ada di 2024, tapi kita akan lihat lagi nanti saat pembahasan, akan kita pertajam," tutup Jamal. Ades

#Pendidikan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index