Melalui Penyuluhan Cegah Stunting, Ini Pesan Forikan Untuk Ibu-Ibu se Kabupaten Siak

Melalui Penyuluhan Cegah Stunting, Ini Pesan Forikan Untuk Ibu-Ibu se Kabupaten Siak
Ketua Forikan Kabupaten Siak, Drs Hj Rasidah

Riauaktual.com - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Siak mengadakan penyuluhan stunting kepada ibu kader Posyandu di Kecamatan Lubuk Dalam pada Jum'at, (29/9) kemarin. Selain penyuluhan, kader Posyandu mendapatkan bimbingan cara membuat Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan protein hewani.

Ketua Forikan Kabupaten Siak, Dra Hj Rasidah mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya stunting kepada anak.

Menurutnya, stunting bukan hanya terjadi kepada keluarga kurang mampu saja, namun bisa terjadi kepada keluarga berkecukupan.

"Ada keluarga yang berkecukupan, tapi anak-anaknya stunting. Nah, ini akibat dari apa? akibat dari pola asuh dan pola makan yang salah," kata Rasidah, Sabtu (30/9).

Artinya lanjut dia, penyebab stunting itu bukan saja dari masalah ekonomi, tetapi karena pola asuh dan pola makan yang salah.  

Oleh karena itu, Rasidah menekankan agar para kader posyandu untuk menyampaikan ilmu yang didapat kepada keluarga, tetangga, khususnya kepada ibu-ibu hamil dan ibu balita di daerahnya masing-masing.

Rasidah menyampaikan, berdasarkan hasil penelitian para ahli, pemberian protein hewani seperti telur atau aneka ikan kepada anak, terbukti lebih efektif mencegah anak terkena stunting dibandingkan biskuit atau bubur kacang hijau.

Menurutnya, protein hewani mengandung zat gizi lengkap seperti asam amino, mineral dan vitamin yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Saya berharap ibu-ibu kader dalam pemberian makanan tambahan (PMT) yang diberikan pada balita oleh Posyandu, harus menggunakan protein hewani," pintanya. 

Lebih lanjut, Rasidah mengatakan untuk mencegah terjadinya stunting kepada anak tidak hanya memberikan protein hewani saja, namun berat dan tinggi badan anak juga harus dipantau secara berkala di Posyandu.

"Ini penting untuk melihat keberhasilan intervensi sekaligus upaya deteksi dini masalah kesehatan gizi sehingga tidak terlambat ditangani," terangnya.

Rasidah menambahkan, selain di Kecamatan Lubuk Dalam, penyuluhan ini juga akan dilaksanakan di Kecamatan Kandis, Pusako, Sabak Auh, Tualang, Koto Gasib, Sungai Apit dan Kecamatan Siak yang ditujukan kepada ibu-ibu kader Posyandu.

#Siak

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index