Sampah Berserakan Pasca Pergelaran Pacu Jalur Tepian 3 Muaro Kuansing

Sampah Berserakan Pasca Pergelaran Pacu Jalur Tepian 3 Muaro Kuansing
Sampah berserakan pasca ajang Pacu Jalur Inuman

Riauaktual.comu - Perhelatan pacu jalur memperingati Hari Pariwisata Nasional Tahun 2023 di Tepian 3 Muaro Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi telah berakhir tanggal 24 September lalu.

Pantauan Riauaktual.com, pasca berakhirnya pacu jalur ini, sampah pun terlihat memenuhi area iven tersebut.

Dari pengakuan warga sekitar, sampah ini ditinggalkan oleh para pedagang, baik pedagang lokal maupun pedagang dari luar Kecamatan Inuman.

ucap uni saat berbincang dengan riauaktual.com.Selasa 26/9/23.

"Itu sampah para pedagang yang bertaburan, dan ini perlu menjadi bahan evaluasi dari pihak kecamatan dan panitia. Pedagang itu kan tidak ada dipungut biaya kebersihan, hanya sewa lapak saja, itupun tak masuk ke desa hanya untuk yang punya tanah," kata Uni.

Seharusnya, disebutkan Uni, panitia lebih baik membentuk tim kebersihan, agar para pedagang memiliki kontribusi.

Sementara itu, Camat Inuman Purnama Putra mengaku akan melakukan gotong royong untuk membersihkan sampah yang menjadi kado para pedagang maupun pengunjung yang bertaburan di Arena Pacu Tepian 3 Muaro.

" Iya kami Forkopincam Inuman bersama panitia akan melakukan goro, dan kita akan libatkan juga masyarakat tempatan, meliputi Desa Kampung Baru koto dan Koto Inuman," kata Purnama.

Saat disinggung mengenai biaya kebersihan, Purnama menjelaskan pihaknya tidak pernah meminta kontribusi uang kebersihan kepada para pedagang. Dan itu sudah menjadi komitmen saat rapat-rapat sebelum nya.

"Tak ada. Itu sudah komitmen kami bersama panitia dari awal, pedagang cuma sewa lapak, dan itu langsung kepada pemilik tanah. Bukan kepada kami maupun panitia," katanya.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index