Sedot Perhatian Wisatawan, Pemkab Kuansing Jadikan Pacu Jalur Ajang Promosi Daerah

Sedot Perhatian Wisatawan, Pemkab Kuansing Jadikan Pacu Jalur Ajang Promosi Daerah
Pemkab Kuansing Jadikan Pacu Jalur Ajang Promosi Daerah

Riauaktual.com - Pawai budaya yang dikemas dalam serangkaian ajang pacu jalur di Kecamatan Inuman, Kuantan Singingi, Rabu (21/9/2023) lalu menyorot perhatian sejumlah pihak, tak hanya warga sekitar namun ke wisatawan luar daerah.

Hal ini tentu menjadi kebanggan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi. Sebagaimana yang diungkapkan Bupati Suhardiman Amby saat meresmikan ajang tersebut.

"Pacu jalur Inuman menjadi momentum penting bagi warga Kecamatan Inuman untuk memelihara dan mempromosikan kekayaan budaya serta tradisi lokal serta bagaimana kita semua mampu melestarikan warisan leluhur," katanya.

Disambung Suhardiman, bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi kegiatan ini merupakan simbol kebersamaan dan kecintaan terhadap tradisi yang telah diwariskan oleh nenek moyang.

"Melalui Pacu Jalur Inuman, kita bisa memperkenalkan keunikan budaya kita kepada masyarakat luas," ungkapnya.

Acara ini ditandai dengan pawai megah yang melibatkan warga dari seluruh desa, sekolah, dan komunitas di Kecamatan Inuman. Para peserta memukau penonton dengan kostum-kostum tradisional yang memperkaya warna dan semangat perayaan.

Sementara itu, Camat Inuman Purnama Putra mengapresiasi komitmen dan kerja keras panitia serta seluruh pihak yang terlibat dalam suksesnya acara ini.

“Hal ini menjadi bukti nyata bahwa masyarakat begitu terbawa arus dalam menyaksikan budaya lokal yang ditampilkan, tentu Budaya ini adalah aset berharga yang harus dijaga dan dilestarikan untuk generasi mendatang,” katanya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Kuansing Yulia Herma Suhardiman, Waka II DPRD Kuansing Juprizal, Bacaleg DPRD Provinsi Riau Zulhendri, Ketua Koni Kuansing Andi Cahyadi (Aheng) serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Penasehat Ahli Bupati Aherson, Forkopimda, tokoh adat, tokoh masyarakat dan ninik mamak.

#PACU JALUR #Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index