Dosen Universitas Riau Adakan Pelatihan Tata Kelola Produk Pariwisata di Desa Bukit Batu

Dosen Universitas Riau Adakan Pelatihan Tata Kelola Produk Pariwisata di Desa Bukit Batu
Dosen Universitas Riau Adakan Pelatihan Tata Kelola Produk Pariwisata

Riauaktual.com - Desa Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis menjadi tempat pelaksanaan pelatihan tata kelola produk pariwisata yang diselenggarakan oleh dosen Program Studi D4 Usaha Perjalanan Wisata FISIP Universitas Riau.

Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) Kepariwisataan dan Pembangunan Masyarakat Berkelanjutan menggelar pelatihan ini pada tanggal 15-17 September 2023 sebagai bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberdayakan masyarakat Desa Bukit Batu, khususnya stakeholder desa wisata, termasuk lembaga swadaya masyarakat, aparatur pemerintahan desa, dan penyedia layanan pariwisata lokal. Peserta pelatihan mencakup wakil pemerintah desa, direktur BUMDES Tuah Negeri, kepala dusun, tokoh adat, serta pengusaha lokal di bidang pariwisata seperti pemilik homestay dan perajin lokal.

Dalam pelatihan ini, tim pengabdian memperkenalkan modul pengelolaan desa wisata dan membahas tata kelola produk pariwisata yang baik. Diskusi mendalam diadakan untuk menemukan solusi atas tantangan yang dihadapi Desa Bukit Batu dalam pengembangan pariwisata. Selain itu, metode "live in" diterapkan, di mana tim KJFD tinggal bersama masyarakat untuk merasakan dan memahami kehidupan sehari-hari mereka.

Kepala Urusan Pemerintahan Desa Bukit Batu, Indratno, mengapresiasi program ini dan berharap dapat membantu desa dalam persiapan menjadi destinasi wisata yang lebih maju.

Sementara Direktur Bumdes Bukit Batu, Sumiati, M.I.Kom., menambahkan bahwa pelatihan dari Universitas Riau ini sangat dibutuhkan mengingat mereka sedang bersiap untuk mengikuti kompetisi desa wisata yang diselenggarakan oleh Kemendes pada 2024.

"Kami berharap mendapatkan inovasi berdasarkan kearifan lokal kami, sehingga kami dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk kompetisi tersebut," tutur Sumiati.

#Pendidikan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index