Ditarget Hingga Akhir Tahun, Revitalisasi Pasar Palapa Sudah 60 Persen

Ditarget Hingga Akhir Tahun, Revitalisasi Pasar Palapa Sudah 60 Persen
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Riauaktual.com - Pekerjaan revitalisasi Pasar Palapa, di Kecamatan Sukajadi terus dikebut untuk mengejar target penyelesaian bangunan baru pada akhir tahun ini. Beberapa tiang baja warna hitam sudah terpasang di sisi depan dan belakang area revitalisasi.

Lantai lokasi yang menjadi tempat revitalisasi juga sebagian telah dicor dengan semen. Pada pekan ini ditargetkan pekerjaan bisa rampung mencapai 60 persen.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, saat ini pekerjaan sudah memasuki proses pemasangan kerangka kolom. Ada 12 tiang baja warna hitam sudah terpasang di area proyek tersebut.

"Harapan kita, pekan ini sudah 60 persen. Proses revitalisasi sedang digesa," kata Ami, sapaan akrabnya, Rabu (13/9).

Menurutnya, pekerjaan revitalisasi Pasar Palapa sudah mencapai 50 persen lebih. Akibat menyebut bahwa pekan ini memasuki proses pengecoran. Revitalisasi Pasar Palapa sudah berlangsung sejak akhir Juli 2023 lalu.

Pembangunannya ditandai dengan pemasangan pancang pondasi dalam groundbreaking di lokasi revitalisasi.

"Untuk proses revitalisasi Pasar Palapa ditargetkan rampung menjelang akhir tahun ini," terangnya.

Ia berharap proses pembangunan pasar tersebut bisa tuntas sehingga dapat berfungsi kembali. Revitalisasi dilakukan pada bangunan di bagian belakang Pasar Palapa.

Dikatakannya, bahwa bangunan pasar itu memiliki desain modern agar nyaman bagi pedagang dan pengunjung. Bangunan pasar itu memiliki rangka baja dengan konsep hall atau aula.

Pasar itu nantinya berfungsi sebagai pasar basah untuk pedagang sayur, ikan dan daging. Para pedagang yang berjualan di lokasi itu saat ini berjualan sementara di Tempat Penampungan Sementara (TPS). Lokasi TPS berada di area parkir Pasar Palapa.

Jika pasar sudah direvitalisasi dapat menampung sebanyak 80 pedagang. Bangunan pasar dalam revitalisasi ini berbentuk hall dengan ukuran 25 x 30 meter.

Anggaran untuk revitalisasi Pasar Palapa ini sebesar Rp 3 Miliar. Anggaran proyek ini bersumber dari Kementrian Perdagangan RI. 

#ekonomi #Pemko Pekanbaru #PASAR

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index