Dinilai Gagal, DPRD Minta Pj Walikota Evaluasi Kinerja Kadis LHK Pekanbaru

Dinilai Gagal, DPRD Minta Pj Walikota Evaluasi Kinerja Kadis LHK Pekanbaru
Sampah Berserakan di Jl. Soekarno - Hatta, Kota Pekanbaru.

Riauaktual.com - Komisi IV DPRD Pekanbaru meminta Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, untuk melakukan evaluasi terhadap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (Kadis LHK), Hendra Afriadi. Permintaan ini muncul sebagai respons terhadap permasalahan yang belum terselesaikan terkait sampah di Kota Pekanbaru. Dari tumpukan sampah yang kembali muncul di akhir tahun hingga munculnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ilegal di beberapa lokasi dan jalan protokol.

"Sudah jelas, kemampuan pejabat yang menangani sampah sekarang ini sudah tidak bisa dianggap berhasil. Justru, saya pikir gagal karena dari tahun ke tahun permasalahan sampah ini tidak kunjung tuntas di Pekanbaru," kata Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Roni Pasla, pada Selasa (12/9/2023).

Roni menambahkan bahwa Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, sudah semestinya melakukan evaluasi terhadap kinerja Hendra Afriadi sebagai Kadis LHK Kota Pekanbaru. Bahkan, dalam beberapa waktu lalu, Pj Walikota terlihat turun langsung ke beberapa lokasi tumpukan sampah di Pekanbaru, yang seharusnya menjadi tanggung jawab Kadis LHK.

"Ya, kita lihat bahwa Pak Pj Wako turun langsung ke lapangan dan bahkan telah berusaha menghubungi pejabatnya (Kadis LHK) yang ternyata tidak memantau situasi dengan baik. Sebuah tindakan yang menunjukkan bahwa, dalam situasi seperti ini, OPD-OPD terkait seharusnya lebih efisien dalam bekerja," tegasnya.

Roni, yang merupakan politisi PAN, berharap agar Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, dapat menempatkan pejabat yang lebih kompeten dan mampu menangani permasalahan sampah di Pekanbaru.

"Pj Walikota seharusnya menempatkan pejabat yang sesuai dengan tugasnya, dan masih banyak orang yang memiliki kemampuan untuk menangani masalah sampah. Apalagi, ini merupakan salah satu program prioritas Pj Walikota untuk menangani sampah, mengatasi banjir, dan memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak," tutup Roni.

#SAMPAH #Pekanbaru #DPRD Kota Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index