Kolaborasi PWI Bengkalis dan Bawaslu untuk Pemilu 2024 yang Jurdil dan Damai

Kolaborasi PWI Bengkalis dan Bawaslu untuk Pemilu 2024 yang Jurdil dan Damai
Ketua PWI Bengkalis Adi Putra didampingi Sekretaris Agustiawan dan sejumlah pengurus terima audensi Bawaslu Bengkalis Senin (11/9/2023)

Riauaktual.com - Dalam rangka memastikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlangsung dengan aman dan damai, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis telah mengambil langkah penting dengan mengunjungi Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkalis pada Senin (11/09/23). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat sinergi antara lembaga pemantau pemilu dan insan pers, yang diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan pemilu yang jujur dan berkualitas.

Dalam kunjungan ini, Ketua Bawaslu Bengkalis, Usman, didampingi oleh beberapa komisioner Bawaslu Bengkalis, disambut dengan hangat oleh Ketua PWI Bengkalis, Adi Putra, serta Sekretaris PWI Bengkalis, Agustiawan, dan sejumlah pengurus PWI Bengkalis lainnya.

Ketua Bawaslu Bengkalis, Usman, dalam pertemuannya dengan pengurus PWI Bengkalis, menjelaskan pentingnya kolaborasi antara lembaga pemantau pemilu dan wartawan dalam mendukung pelaksanaan pemilu yang adil dan transparan. Dalam konteksnya, Usman menggarisbawahi peran penting pers dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan menghadapi penyebaran berita palsu atau hoax yang mungkin muncul selama pemilu.

"Sangat perlu ada sinergitas antara insan pers dan lembaga pemantau pemilu, terutama dalam pemilu serentak yang akan datang pada tahun 2024," ungkap Usman.

Usman juga menekankan bahwa peran pers dalam melaksanakan dan memberikan edukasi kepada masyarakat adalah salah satu hal yang diatur dalam pasal 1 Peraturan Bawaslu. Oleh karena itu, Bawaslu Bengkalis mengajak PWI Bengkalis untuk berkolaborasi dalam mendukung pelaksanaan pemilu yang damai.

Di sisi lain, Ketua PWI Kabupaten Bengkalis, Adi Putra, mengapresiasi kunjungan dari Bawaslu Bengkalis sebagai langkah positif dalam memperkuat kerja sama antara kedua pihak.

"Saya menyambut baik silaturahmi dan audiensi dari Bawaslu Bengkalis. Ini adalah bentuk kolaborasi dan sinergitas antara PWI Bengkalis dalam menjalankan peran sebagai kontrol sosial dalam pemilu 2024 mendatang," kata Adi Putra.

Adi Putra juga menjelaskan bahwa PWI Bengkalis memiliki Masyarakat Pers Pemantau Pemilihan Umum (Mappilu), yang sejalan dengan peran Bawaslu Bengkalis dalam melakukan pengawasan dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024.

"Kami berharap kolaborasi antara wartawan yang tergabung di PWI dengan Bawaslu Bengkalis dapat berkelanjutan. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat turut berkontribusi dalam menciptakan Pemilu yang aman, jujur, dan damai," tambah Putra.

#Politik #ORGANISASI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index