Sejumlah Wilayah Direndam Banjir, BPBD Pekanbaru Siapkan Alat Evakuasi

Sejumlah Wilayah Direndam Banjir, BPBD Pekanbaru Siapkan Alat Evakuasi
BPBD Pekanbaru Siapkan Alat Evakuasi

Riauaktual.com - Hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru sejak pagi hingga siang membuat sejumlah wilayah direndam banjir, Rabu (6/9/2023). Beberapa ruas jalan juga turut direndam banjir hingga sulit dilalui pengendara yang melintas.

Hujan yang turun mulai pukul 07.30 WIB merendam sejumlah ruas utama, diantaranya Jalan Sudirman tepat di depan Rumah Sakit Awal Bros, Jalan Riau, Jalan Arifin Achmad, Jalan Subrantas dan Jalan Soekarno Hatta tepat di Simpang Arengka.

Kemudian banjir juga merendam Jalan KH Ahmad Dahlan dan beberapa jalan di Kecamatan Sukajadi. Bahkan sejumlah pemukiman warga juga direndam banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Chandra mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan personel untuk penanganan bencana. Terutama dalam penanganan banjir.

Zarman mengaku saat personelnya sudah berada di lapangan untuk melakukan pemantauan. Tim masih mendata berapa jumlah pemukiman dan warga yang terdampak banjir.

"Lagi di rekap sama anggota berapa banyak pemukiman warga yang terdampak banjir," kata Zarman Chandra.

Ia menuturkan, pantauan sementara ada sejumlah wilayah dan pemukiman yang direndam banjir khususnya yang berada di daerah bantaran sungai. Kemudian ada wilayah di beberapa kecamatan rawan banjir seperti di Kecamatan Bukit Raya, Marpoyan Damai dan Sail.

Pihaknya siap menangani bencana jika ada laporan masyarakat yang masuk. Pihaknya juga sudah menyiapkan peralatan untuk mempermudah penanganan bencana.

"Kami sampaikan kepada kabid PK untuk minta anggota monitor kondisi saat dan setelah hujan. Kalau ada laporan dari masyarakat kita ditindaklanjuti," terang Zarman.

Dikatakannya, jika terjadi bencana banjir, pihaknya sudah menyiapkan peralatan lengkap untuk evakuasi.

"Peralatan evakuasi ada apabila dibutuhkan anggota, dan perahu fiber untuk evakuasi kami akan siapkan di lokasi bencana," ulasnya.

Sejauh ini kata Zarman, pihaknya belum menerima laporan terkait bencana tersebut. Dirinya bersama personel selalu siap untuk menindaklanjuti bencana.

Untuk pengaduan bencana, BPBD Pekanbaru juga sudah menyediakan call center dengan menghubungi 08117651464. Warga dapat melaporkan bencana melalui call center tersebut. 

#Lingkungan #BANJIR #Pekanbaru

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index