Jalan Poros Penghubung Kabupaten Inhil dan Inhu di Riau Longsor

Jalan Poros Penghubung Kabupaten Inhil dan Inhu di Riau Longsor
Jalan poros penghubung Kabupaten Inhil dan Kabupaten Inhu di Riau yang longsor belum ada perbaikan.

Riauaktual.com - Jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dengan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) di Provinsi Riau longsor, tepatnya di Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, Kabupaten Inhil.

Informasi yang dirangkum Riauaktual.com dari keterangan masyarakat sekitar, bahwa kondisi jalan longsor dan hampir putus ini sudah berlangsung sejak lima hari yang lalu. Kondisi jalan yang longsor memang bertepatan dengan bibir Sungai Indragiri.

Sulaiman masyarakat Desa Pekan Tua mengatakan, bahwa jalan tersebut sudah berdampak pada perekonomian masyarakat. Bahkan, perpindahan orang pun jadi terganggu akibat jalan yang longsor hampir satu meter.

"Kalau air sungai pasang, butuh keberanian sopir kendaraan pribadi untuk bisa melewatinya. Namun kalau truk bisa melewatinya. Kondisi ini sangat berbahaya dan bisa menelan korban jiwa. Apakah harus ada korban dulu baru diperbaiki," kata Sulaiman memberikan informasi kepada Riauaktual.com, Senin (4/9/2023).

Sementara itu Kepala Desa Pekan Tua, Ibnu Sopyan menjelaskan, bahwa jalan yang longsor tersebut sudah diperbaiki sebanyak empat kali. Namun, kondisi tetap sama dan terjadi penurunan level tanah.

"Jalan itu sudah ditimbun, tetap saja turun hingga mendekati satu meter. Kalau air sungai tidak pasang jalan tersebut bisa dilalui kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil. Kalau air sungai pasang, hanya bisa dilalui truk," ungkap Ibnu.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Riau, Andi Yanto saat dikonfirmasi terkait kebenaran adanya jalan longsor yang menghubungkan dua kabupaten di Provinsi Riau membenarkan adanya kondisi tersebut.

"Kita sudah kordinasi dengan Dinas Perhubungan Inhil. Pihak Dishub Inhil suda memasang rambu peringatan dan jalur alternatif untuk melewati Simpang Granit. Walaupun jalur alternatif tersebut agak memutar," jelas Andi kepada Riauaktual.com.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada upaya perbaikan jalan provinsi tersebut dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau.

#JALAN RUSAK #Lingkungan #Inhu

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index