Musyawarah Pemilihan Ketua RW Timbulkan Ketidakpastian, Warga Sambangi Kantor Camat Sukajadi

Musyawarah Pemilihan Ketua RW Timbulkan Ketidakpastian, Warga Sambangi Kantor Camat Sukajadi
Warga Sambangi Kantor Camat Sukajadi

Riauaktual.com - Sejumlah warga dari RW 02, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, memenuhi Kantor Camat Sukajadi pada Jumat (25/8/2023) guna mengungkapkan kebingungan mereka terkait hasil musyawarah pemilihan Ketua RW.

Warga yang diwakili oleh Murad, seorang warga RW 02, menjelaskan bahwa mereka datang untuk meminta klarifikasi dari Camat Sukajadi, Desheriyanto mengenai hasil musyawarah tersebut.

Murad mengungkapkan bahwa sebelumnya, masyarakat telah mengadakan musyawarah untuk memilih Ketua RW 02, mengingat calon lainnya yang tidak mau mencalonkan menjadi Ketua RW 02.

"Ketua RW 02 yang terpilih sudah berusia 60 tahun, kondisinya masih prima dan mampu memimpin. Kita sama mengetahui bahwa sulit menemukan kandidat muda yang bersedia untuk menjadi Ketua RW," ungkap Murad.

"Ditambah 6 bulan terakhir, aktivitas warga di RW 02 mengalami penurunan karena ketiadaan Ketua RW. Kegiatan seperti gotong royong yang biasa diadakan telah terhenti, dan warga berharap SK terkait pemilihan Ketua RW dapat segera dikeluarkan," sambung Murad.

Sementara itu, Camat Sukajadi, Desheriyanto, menjelaskan bahwa mereka masih menunggu petunjuk resmi dari Tapem terkait masalah ini. Surat permohonan juga telah dikirimkan untuk mendapatkan arahan.

"Tapem akan mempertimbangkan fakta dan data terkait pemilihan Ketua RW 02 tersebut. Karena ada peraturan dari Perwako yang menyebutkan batasan usia maksimal 60 tahun untuk menjabat sebagai Ketua RW. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan kita pihak dalam menyampaikan keberatan terhadap calon yang telah terpilih," terang Desheriyanto.

Masalah ini menunjukkan ketidakpastian dalam hasil musyawarah pemilihan Ketua RW 02, sementara warga berharap agar keputusan yang diambil oleh Tapem dapat memberikan arahan yang jelas bagi kepentingan warga RW 02 di masa depan.

#Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index