3 Ekor Gajah Sumatera Dilibatkan dalam Pengibaran Bendera Merah Putih di BBKSDA Riau

3 Ekor Gajah Sumatera Dilibatkan dalam Pengibaran Bendera Merah Putih di BBKSDA Riau

Riauaktual.com - Tiga ekor gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) terlibat dalam pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Kamis (17/8/2023) pagi.

Ketiga gajah ini bernama Bankin, Indah dan Vera yang merupakan binaan Pusat Konservasi Gajah (PKG) Minas, Riau.

Plh Kepala Balai Besar KSDA Riau, Hartono mengatakan, persiapan untuk acara tersebut hanya dilakukan selama setengah hari.

"Pada saat itu kita punya gagasan di hari Senin. Selama latihan pengibaran bendera di Pusat Konservasi Gajah Minas tidak ada kendala, kemarin siang gajah sudah kita geser ke Kantor Balai Besar KSDA Riau," jelas Hartono, Kamis (17/8/2023).

Ia menyampaikan, bahwa pengibaran bendera merah putih di halaman Balai Besar KSDA Riau dengan melibatkan tiga gajah Sumetera ini merupakan kali pertama di Riau.

"Kami ingin benar-benar melibatkan satwa pada pengibaran bendera, karena itu kami hadirkan satwa gajah. Ada dua gajah betina, yaitu Indah dan Vera serta satu gajah jantan bernama Bankin yang dilibatkan, gajah Vera  menjadi pengerek bendera," katanya.

Ia melanjutkan, tiga ekor gajah yang menjadi pengibaran bendera merah putih diharapkan bisa menjadi sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini mungkin dianggap sebagai hama adalah satwa yang dilindungi.

Ditambahkan Hartono, peserta upacara adalah seluruh UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ada di Riau. "Ada 13 UPT yang dipusatkan di Balai Besar KDSA Riau," katanya.

Uniknya lagi, seluruh peserta upacara menggunakan berbagai pakaian adat nusantara, begitu juga dengan para mahout yang menggunakan pakaian adat Jawa dengan tema merah putih.

Adapun yang bertindak menjadi Inspektur upacara dalam kegiatan ini adalah Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah 19 KLHK Pekanbaru, Sofyan.

Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Riau juga dimeriahkan dengan donor darah yang diikuti sejumlah pegawai yang sebelumnya mengikuti upacara.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index