Pemberdayaan Masyarakat Melalui KUKERTA UNRI: Pengendalian Hama Tikus di Desa Empat Balai, Kampar

Pemberdayaan Masyarakat Melalui KUKERTA UNRI: Pengendalian Hama Tikus di Desa Empat Balai, Kampar
Pemberdayaan Masyarakat Melalui KUKERTA UNRI

Riauaktual.com - Mahasiswa yang tergabung dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Integrasi bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Universitas Riau (UNRI) telah sukses melaksanakan sebuah inisiatif pengabdian masyarakat di Desa Empat Balai, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar. Kegiatan ini dilangsungkan pada Rabu, tanggal 26 Juli 2023 lalu, di Musholla Miftahul Jannah. Tujuan utama kegiatan ini adalah mengendalikan populasi hama tikus pada tanaman padi sawah.

Tim KUKERTA Universitas Riau, dibimbing oleh DPL Ibu Dr. Hafiz Fauzana, S.P., M.P., yang memiliki fokus pada proteksi tanaman terhadap serangan hama, telah menyelenggarakan program pengabdian masyarakat yang melibatkan kegiatan penyuluhan tentang pengendalian hama tikus pada tanaman padi. Kegiatan penyuluhan mencakup penyampaian materi serta demonstrasi praktis oleh DPL dan mahasiswa.

Sesi dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala Desa Empat Balai, Bapak Abdi Syukri, S.T. Penyuluhan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai bioekologi hama tikus dalam lingkungan persawahan padi. Berdasarkan fase pertumbuhan tanaman padi, teknik pengendalian yang dianjurkan berbeda, termasuk penggunaan racun sianida dari bahan umbi singkong dan air kelapa untuk fase vegetatif, serta pengemposan menggunakan empostiran, belerang, dan pertalite untuk fase generatif.

Selanjutnya, materi membahas kerusakan yang diakibatkan oleh hama tikus pada tanaman padi serta faktor-faktor pemicu serangan tikus di persawahan. Penutupan sesi penyuluhan dilakukan dengan memaparkan beragam inovasi teknik pengendalian yang aman dan efisien untuk mengatasi hama tikus pada tanaman padi.

Praktik langsung juga dilaksanakan di lapangan, melibatkan peserta penyuluhan untuk mengaplikasikan langsung teknik-teknik pengendalian yang telah diajarkan. Ini bertujuan agar para peserta dapat memahami dan menerapkan pengetahuan dengan lebih baik. Kegiatan praktik ini juga mendorong petani di Desa Empat Balai untuk secara mandiri mengimplementasikan teknik pengendalian yang telah diberikan.

Program pengabdian ini melibatkan beberapa dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Riau, termasuk Prof. Dr. Nelvia, MP., Dr. Rusli Rustam, SP., M.Si., Dr. Ir. Arman Effendi AR., MS., Pajri Ananta Yudha, SP., MP., dan Ir. Erlida Ariani, M.Si. Selain itu, 10 mahasiswa dari berbagai jurusan juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Program Pengabdian Masyarakat KUKERTA Integrasi di Desa Empat Balai Universitas Riau 2023 tak hanya melibatkan aspek pertanian, tetapi juga mencakup berbagai kegiatan lainnya seperti sosialisasi pemanfaatan sayuran organik untuk pencegahan stunting, budidaya tanaman organik, penggunaan tepung daun sirih hutan sebagai pestisida nabati, serta pengolahan jambu kristal menjadi keripik, dan masih banyak lagi. Diharapkan program ini tidak hanya menjadi kenangan, tetapi juga memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat di masa depan.

#Pendidikan #Kampar #Mahasiswa

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index