Video Kijang Dilindungi Dikejar Anjing di Riau, Berakhir Tragis Dipotong

Video Kijang Dilindungi Dikejar Anjing di Riau, Berakhir Tragis Dipotong
(Foto screenshot)

Riauaktual.com - Sebuah video viral menunjukkan seekor kijang betina dilindungi di Indragiri Hilir, Riau, dikejar-kejar oleh sekelompok anjing di tepi sungai. Adegan kemudian memperlihatkan kijang tersebut mencari perlindungan dengan menghampiri sebuah speedboat yang sedang melintas.

Dalam video yang diunggah di media sosial dan diterima Riauaktual.com, terlihat kijang betina tersebut berusaha menghindari kejaran anjing. Kijang kemudian berlari menuju tepi sungai di mana sebuah speedboat sedang melewati lokasi tersebut.

Tampak jelas dalam rekaman tersebut bagaimana kijang betina ini berhasil menghampiri speedboat yang penuh dengan penumpang. Para penumpang dalam speedboat pun dengan sigap menangkap kijang tersebut dan mengikatnya.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, lokasi kejadian ternyata berada di perairan Mandah, Indragiri Hilir. Informasi yang diterima menyebutkan bahwa penangkapan terjadi pada Rabu (2/8) siang.

"Kami menerima informasi tentang video yang menunjukkan penangkapan seekor kijang atau rusa oleh penumpang speedboat di perairan Mandah," ungkap Kapolsek Mandah, AKP Ronny Reduansah, pada Jumat (4/8/2023).

Setelah tim jajaran Polsek turun tangan untuk memastikan kebenaran kejadian tersebut, diketahui bahwa kijang betina tersebut ditangkap pada Rabu (2/8) pukul 14.00 WIB.

Menurut keterangan Kapolsek, pada hari kejadian, nakhoda speedboat bernama Dedi sedang mengemudikan speedboat Al Ekspres membawa delapan penumpang melintasi perairan Bakau Aceh, Mandah. Saat itulah mereka melihat seekor kijang masuk ke perairan karena sedang dikejar anjing.

Kemudian Dedi bersama penumpang lainnya menangkap kijang tersebut dan membawanya ke Lahang, Gaung. Sayangnya, kijang tersebut kemudian dipotong dan dagingnya dibagi-bagikan.

"Karena kijang sudah lemah dan mengalami luka, Dedi dan penumpang lainnya memutuskan untuk memotongnya dan membagi dagingnya," jelas Ronny.

Dalam kasus ini, perlu diingat bahwa kijang tersebut memiliki status perlindungan berdasarkan undang-undang karena hampir punah. Kejadian ini menjadi sorotan karena melibatkan satwa yang dilindungi dan berujung pada akhir yang menyedihkan bagi kijang tersebut. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index