Rabies Mulai Mewabah, DPRD Riau Segera Panggil Dinas PKH

Rabies Mulai Mewabah, DPRD Riau Segera Panggil Dinas PKH
Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho menyebutkan pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau. Hal ini terkait dengan mulai adanya kasus rabies di Riau beberapa waktu belakangan.

"Kita sudah mendapat informasi ada warga yang terkena rabies dan dinyatakan meninggal dunia. Kita (DPRD Riau, red) dalam waktu dekat akan menggelar RDP dengan Dinas PKH," kata Agung.

Dikatakannya lagi, pemerintah harus segera turun tangan untuk mengantisipasi bahaya dari penyakit ini agar tidak terjadinya penyebaran yang luas di masyarakat.

"Ini penyakitnya dari hewan. Sudah terdengar juga ke telinga masyarakat sudah viral, kalau sudah viral tentu memberikan ketakutan. Jadi kita juga mengimbau ke dinas terkait untuk segera turun memberantas hal ini," ungkapnya.

Ketua DPD Demokrat Riau ini juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk segera memberikan vaksin ataupun suntik rabies kepada hewannya.

"Kita perlu mewaspadai hal ini, untuk masyarakat yang punya hewan peliharaan, baik itu anjing, kucing ataupun hewan yang bisa mengakibatkan rabies segera berikan vaksin," pungkas Agung Nugroho.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menyebutkan saat ini ada satu orang warga di Kelurahan Palas yang menjadi suspek dan dicurigai positif rabies akibat digigit hewan peliharaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengimbau, bagi warga yang digigit hewan peliharaan dan dikhawatirkan terjangkit rabies, mereka bisa mendapatkan Vaksin Anti Rabies (VAR) secara gratis di seluruh puskesmas.

"Jadi apabila tergigit hewan peliharaan, segera melapor ke puskesmas terdekat, karena kita baik Diskes kota maupun provinsi sudah menyiapkan vaksin anti rabies," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (1/8/2023).

Selain itu, seorang warga Desa Kempas Jaya Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau tewas usai digigit anjing rabies. Korban sempat dilarikan ke RSUD Puri Husada Tembilahan namun nyawanya tidak terselamatkan.

"Kami mendapat laporan satu warga Indragiri Hilir meninggal dunia karena digigit anjing rabies," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Riau Herman.

Herman menyebutkan, nyawa warga tersebut tidak terselamatkan meski sudah dibawa ke Puskesmas Kempas. Hal ini karena korban awalnya menganggap hanya digigit anjing biasa sehingga tidak melapor ke petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksin. 

"Sebetulnya kasus warga digigit anjing di Riau ada 5 orang, namun 4 orang cepat dilakukan vaksin. Sedangkan 1 korban warga Inhil tidak divaksin lalu meninggal dunia," kata Herman. (ADV)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index