Bakal Dihadiri Bupati Suhardiman Amby, Masyarakat Desa Pulau Sipan Akan Lakukan Prosesi Melayur Jalur

Bakal Dihadiri Bupati Suhardiman Amby, Masyarakat Desa Pulau Sipan Akan Lakukan Prosesi Melayur Jalur
Masyarakat Desa Pulau Sipan Akan Lakukan Prosesi Melayur Jalur

Riauaktual.com - Jika tidak ada aral melintang, masyarakat Desa Pulau Sipan Kecamatan Inuman akan melakukan prosesi melayur jalurnya nanti malam, Senin (24/7/2023). Sampainya pada proses ini, setelah berjibaku lebih kurang satu bulan pembuatan.

Kepala Desa Pulau Sipan, Aprisal, mengatakan bahwa dalam proses melayur nanti malam akan langsung dihadiri oleh Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby.

"Iya nanti malam jalur baru ini akan di layur, dan saat acara nya nanti akan di hadiri oleh bapak bupati. Insyallah kita sudah siap menunggu kedatangan bapak bupati beserta rombongannya malam," jelas Aprisal.

Ditambah aprisal, jalur baru ini akan diberi nama Ghajo Siluman Padang Kanji yang terbuat dari kayu jenis meranti kulit buaya dan panjang kayu nya lebih kurang 35 meter.

Masih kata aprisal, jalur ini akan bermuatan nanti lebih kurang 55 anak pacuan. Aprisal juga berharap dengan ada nya jalur baru ini bisa menambah semangat masyrakat desa pulau sipan dalam melestarikan budaya pacu jalur yang sudah turun temurun ini.

"Yo, awak berharap masyarakat Pulau Sipan ko bisa manjago dan melestarikan budaya kito, yaitu pacu jalur. Dan tetap jaga kekompakan di tengah tengah masyarakat," katanya dengan logat Inuman.

Perlu diketahui nama nama jalur yang pernah dimiliki masyarakat Desa Pulau Sipan diantaranya merpati Kuantan, Dewa Ruci Arung Samudra, Serambi Bertuah, dan Tapak Tuan, serta Tuah Gelanggang.

Dan sejarah juga pernah mencatat bahwa jalur andalan masyarakat Desa Pulau Sipan ini yakni Dewa Ruci Arung Samudra pernah mengkukir prestasi pada pacu jalur iven nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan pada tahun 2006.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index