100 Tenaga Kerja Konstruksi Ikuti Uji Kompetensi

Effendi Sianipar : Ciptakan Tenaga Kerja Handal dan Bersaing

Effendi Sianipar : Ciptakan Tenaga Kerja Handal dan Bersaing

uaktual.com - Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, menggelar kegiatan Pembekalan dan Uji Kompetensi, tenaga kerja Bidang konstruksi SDM, di Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Provinsi Riau, Jalan Arifin Achmad, Kota Pekanbaru.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (22/6/2023) hingga Jumat (23/6/2023) ini dihadiri langsung Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat, Indra Suhada.

Pada kegiatan yang merupakan aspirasi anggota DPR RI Komisi V, Ir Effendi Sianipar MSi tersebut, diikuti 100 peserta yang nantinya bakal mendapatkan sertifikat dibidang konstruksi.

Anggota DPR RI, Ir Effendi Sianipar MSi mengatakan, dalam industri konstruksi, SDM yang mempunyai kompetensi di bidangnya merupakan salah satu kunci penting dan stategis mencapai keberhasilan pembangunan di bidang kontruksi.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyebutkan,  Uji Kompetensi bagi calon  tenaga kerja konstruksi merupakan amanat dari UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

"Kami berharap dengan uji kompetensi ini dapat menciptakan tenaga-tenaga konstruksi yang handal. Diakui kompetensinya, sehingga dapat mengisi lapangan kerja konstruksi yang sangat membutuhkan tenaga-tenaga kerja konstruksi yang kompeten," jelas Effendi Sianipar.

Dia juga berharap, ilmu yang didapat dalam pelatihan ini berkah dan semua sukses di bidangnya masing-masing, dalan dunia kerja konstruksi nantinya.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat, Indra Suhada mengucapkan terimakasih kepada anggota DPR RI, Ir Effendi Sianipar yang telah memasukan aspirasinya dan berpartisipasi mensukseskan acara ini.

Dia mengatakan, uji kompetensi ini dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja konstruksi nantinya.

"Dibutuhkan tenaga terampil dibidang konstruksi yang bersertifikat. Melalui kegiatan yang merupakan aspirasi pak Effendi Sianipar inilah kita melakukan uji kompetensi, guna mempersiapkan tenaga kerja handal," jelas dia.

Menurut dia,  dibutuhkan berbagai inovasi dan metode baru agar bisa tetap eksis dalam dunia kerja konstruksi. Peningkatan skill melalui sertifikasi juga merupakan salah satu wujud inovasi.

"Tenaga kerja diberikan pengetahuan dan pelatihan sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Semoga bisa bermanfaat kegiatan ini,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini peserta diberikan alat pelindung diri (APD) serta kostum seragam kepada peserta.

Salah seorang peserta , Bintang mengucapkan terimakasih kepada instruktur dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh yang sudah memberikan pelatihan uji komoetensi.

"Dengan pelatihan yang dilaksanakan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, saya pribadi terbantu. Banyak ilmu yang diperoleh. Saya ucapkan terimakasih juga kepada pak Effendi Sianipar yang sudah bersusah payah membawa aspirasinya ini. Sehat selalu untuk pak Effendi," ujarnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index