Kabel Optik Ganggu Pengguna Jalan, Pemko Pekanbaru Minta Penyedia Jasa Benahi

Kabel Optik Ganggu Pengguna Jalan, Pemko Pekanbaru Minta Penyedia Jasa Benahi
Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru Raja Hendra Saputra

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meminta kepada provider dan pengusaha penyedia jasa layanan internet agar merapikan kabel optik mereka. Pasalnya saat ini banyak didapati kabel optik yang semerawut di beberapa ruas jalan.

Banyak kabel yang terlihat kusut, berserakan di jalanan dan beberapa diantaranya tergantung di atas trotoar yang mengganggu lalu lintas pejalan kaki dan kendaraan. Bahkan ada yang mengganggu aliran air pada beberapa titik drainase yang bisa menyebabkan banjir di wilayah Kota Pekanbaru.

"Melalui surat pemko sudah  kami sampaikan kepada provider agar ini segera dibenahi. Kita banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait hal ini," kata Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru Raja Hendra Saputra, Jumat (12/5/2023).

Menurutnya, beberapa hari belakangan ini juga sempat beredar di media sosial terkait banyaknya kabel-kabel yang bergelantungan di drainase tepatnya di Jalan Sudirman yang menyebabkan tumpukan sampah dan aliran air di drainase menjadi terhambat dan tidak lancar.

Untuk itu, sebagai upaya juga dalam menjaga tata kota yang baik dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat, pihaknya meminta perusahan provider agar segera melakukan pembersihan dan perbaikan pada kabel-kabel fiber optik yang terpasang di Kota Pekanbaru.

Pembersihan tersebut meliputi penggantian kabel yang rusak, penataan kabel yang terlihat kusut dan membuang kabel-kabel yang sudah tidak digunakan.

"Kami sangat mengharapkan kerja sama pemilik kabel dalam menjaga tata kota yang baik dan nyaman bagi masyarakat. Kami berharap perbaikan ini dapat segera dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat dan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar," ungkapnya.

"Pemerintah kota juga akan melakukan penertiban jika himbauan tidak segera dilaksanakan," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index