Terima Pro-Kontra, Pembangunan Alun-alun Kota Pekanbaru Belum Final

Terima Pro-Kontra, Pembangunan Alun-alun Kota Pekanbaru Belum Final
Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun

Riauaktual.com - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun tegaskan untuk pembangunan alun-alun di area eks Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru yang terbakar masih sebatas wacana. Hal ini dikatakan Muflihun setelah adanya pro kontra dari kalangan masyarakat terhadap rencana pembangunan alun-alun kota.

Muflihun memastikan rencana pembangunan alun-alun masih sebatas wacana, dan rencana tersebut belum final. Terkait rencana itu, Muflihun juga akan membuka konsultasi publik untuk mendengar masukan dari sejumlah karangan.

"Bisa saya sampaikan bahwa itu masih sebatas wacana saja," kata Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, Kamis (11/5).

Ia menuturkan, pihaknya segera menggelar konsultasi publik terlebih dahulu terkait seperti apa nantinya pembangunan di bekas gedung MPP Pekanbaru tersebut.

"Sejauh ini pembangunan alun-alun masih sebatas wacana. Karena itu untuk menghasilkan kesepakatan bersama guna mengubah wajah Kota Pekanbaru, kita akan melakukan konsultasi publik terlebih," terang Muflihun.

Muflihun juga kembali meyakinkan sejauh ini belum ada keputusan apapun darinya terkait pembangunan alun-alun. Dirinya masih menyerahkan kepada masyarakat terkait arah pembangunan di eks gedung MPP yang terbakar.

"Kita juga masih menunggu hasil laboratorium forensik dari pihak kepolisian untuk mengetahui apa penyebab kebakaran MPP Pekanbaru," jelasnya.

"Yang pasti nanti kita akan undang akademisi, dari mahasiswa, tokoh masyarakat untuk kita bersama-sama membicarakan semuanya. Karena Mal ini adalah pelayanan masyarakat. Maka hasil rembuk pemerintah dan masyarakatlah nantinya bagaimana MPP Pekanbaru ini kedepannya," pungkasnya.

Sebelumnya Pemko Pekanbaru, segera membuka konsultasi publik untuk rencana pembangunan kembali Gedung B MPP Pekanbaru yang terbakar beberapa waktu lalu.

Konsultasi publik digelar untuk membangun eks gadung MPP Pekanbaru yang bakal "disulap" menjadi alun-alun kota. Alih fungsi bangunan tersebut bakal dilakukan secara bertahap.

"Tapi saya janji kita akan coba mengundang masyarakat, konsultasi publik, membicarakan, mendiskusikan terkait eks gedung MPP yang terbakar. Kita punya niat awal akan jadi alun-alun kota," kata Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Kamis (4/5).

Menurutnya, beberapa kalangan masyarakat bakal diundang untuk menentukan pembangunan yang akan dilakukan kedepannya. Namun, Muflihun menginginkan lokasi ini menjadi alun-alun sebagai sarana tempat berkumpul warga Kota Pekanbaru.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index