Disperindag Minta PLN Segera Aliri Listrik Kios Pasar Cik Puan

Disperindag Minta PLN Segera Aliri Listrik Kios Pasar Cik Puan
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Riauaktual.com - Hingga kini para pedagang masih enggan tempati kios sementara Pasar Cik Puan. Ada 220 kios yang telah dibangun dan diserahkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ke para pedagang korban kebakaran Pasar Cik Puan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, saat ini memang para pedagang masih belum menempati kios karena belum dialiri listrik.

"Masih belum ditempati karena listrik belum masuk ke situ (Kios,red)," kata Ami sapaan akrabnya, Kamis (11/5/2023).

Ia menuturkan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan PLN dan meminta agar listrik segera dipasang di kios baru. Namun PLN menemukan ada tagihan pedagang lama yang belum dibayar.

"Total semuanya itu ada sekitar Rp109 juta. Dan disuruhnya kita bayar, tak mungkinlah. Itukan bukan hutan Pemda, tapi pedagang," jelas Ami.

Ia mengatakan pihaknya meminta agar PLN tidak mencampurkan dua permasalahan tersebut, itu adalah permasalahan yang berbeda.  Memasukkan sambungan baru untuk TPS dan hutang tentu berbeda, artinya pihak PLN silahkan tagih sendiri.

"Namun begitu kita kan mau cepat, kita kemarin sudah mengumpulkan pedagang dan menyampaikan masalah itu. Dan pedagang ini langsung menolak dan mengatakan mengapa pula kami yang bayar, karena pedagang yang lama yang berutang. Mereka sampaikan seperti itu," ungkapnya.

Ami kembali meminta dan berharap agar pihak PLN tidak mencampurkan dua permasalahan yang berbeda ini. Sehingga kios yang telah dibangun pemerintah kota bisa segera ditempati pedagang.

"Harusnya jangan dicampurlah. Pemasangan baru ini kami dari Pemko yang akan bayar. Tapi kalau hutang yang lama tentu tidak. Tidak mungkin dibebankan ke kita hutang pedagang lama kan. Kita juga tidak tahu mau nyari orangnya kemana. Yang pasti kalau untuk pasang baru, kita dari Pemko yang bayar. Kita harap PLN bisalah segera memasangnya," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index