5 Alasan Baik Kenapa Harus Makan Karbohidrat

5 Alasan Baik Kenapa Harus Makan Karbohidrat
konsumsi karbohidrat, (Foto: Unsplash)

Riauaktual.com - Mendengar diet sehat, yang terlintas pertama kali di benak banyak orang awam adalah benar-benar tak makan alias menghilangkan karbohidrat sama sekali dalam pola makan sehari-hari.

Diskon hingga 70% | Flash Sale Rp 99 | Gratis Ongkir Rp 0 | Big Brand Rush Hour Diskon s/d 80% May 2023

Karbohidrat sendiri terbagi dalam tiga jenis karbohidrat utama yakni pati, serat, dan gula. Konsumsi karbohidrat selama ini memang identik dengan dalang naiknya berat badan, kolesterol tinggi, metabolisme tubuh yang buruk dan sebagainya.

Padahal yang sebenarnya, asupan karbohidrat itu adalah nutrisi penting untuk menjaga pola makan seimbang. Maka dari itu, ada beberapa alasan penting mengapa harus menyertakan karbohidrat dalam piring makan Anda sehari-hari. Berikut di bawah ini penjelasannya, sebagaimana dilansir dari NDTV, Minggu (30/4/2023).

1. Bantu penurunan BB: Kontras dengan imej populernya, justru karbohidrat yang baik sebenarnya dapat membantu untuk penurunan berat badan. Karbohidrat yang dimaksud di sini adalah jenis serat, karbohidrat kompleks yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan membuat perut jadi kenyang lebih lama. Kedua faktor penting dalam usaha mengikis berat badan.

2. Menyehatkan jantung: Berdasarkan laporan Sutter Health, karbohidrat tidak buruk untuk jantung, dengan catata selama yang dipilih adalah karbohidrat utuh yang diproses secara minimal dalam jumlah sedang.

Faktanya, jika dikonsumsi secara normal, serat larut membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, yang pada akhirnya berperan bantu kesehatan jantung.

3. Bantu meningkatkan memori: Menurut suatu studi oleh para peneliti di Tufts University, didapati bahwa diet rendah karbohidrat memengaruhi kerja dan memori visuospasial seseorang. Oleh karena itu, tim peneliti menyarankan untuk konsumsi karbohidrat sehat dalam makanan sehari-hari untuk menjaga daya ingat agar tetap tajam.

4. Meningkatkan energi: Menurut ahli gizi Nidhi Nigam, karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh untuk bisa bekerja, berfungsi normal melakukan tugasnya sehari-hari. Bersama dengan protein dan lemak, karbohidrat adalah makronutrien yang memberi energi pada sistem saraf.

5. Bantu membangun Otot: Ahli gizi Nidhi juga mengungkap, karbohidrat hadir dengan efek hemat protein, ini artinya, karbohidrat akan membiarkan protein membantu membangun otot di tubuh, membantu keausan, dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh.

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index