Manfaat Buah Berry, Baik untuk Tulang hingga Membantu Mempercantik Kulit

Manfaat Buah Berry, Baik untuk Tulang hingga Membantu Mempercantik Kulit
Ilustrasi Blueberry. (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Buah berry memang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Variasi buah berry pun kerap digunakan sebagai perasa atau bahan untuk membuat kue dan makanan.

Nah, salah satu buah berry yang banyak digemari adalah blueberry. Blueberry adalah makanan super kaya nutrisi yang terkenal karena beragam manfaat kesehatannya, mulai dari sifat melawan kanker hingga menjaga kadar insulin pada pasien diabetes.

Seperti yang dikutip Antara dari Medical Daily, penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam buah blueberry dapat meningkatkan kesehatan kognitif dan kardiovaskular.

Para peneliti percaya efek menguntungkan blueberry adalah karena pigmen birunya yang disebut anthocyanin, termasuk dalam kelas polifenol yang ditemukan efektif dalam meningkatkan aliran darah kardiovaskular dan otak.

Pigmen ini ditemukan dalam stroberi, raspberry, anggur merah, dan sayuran ungu. Makanan lain yang mengandung antosianin adalah brokoli, pir, dan rempah-rempah seperti kunyit.

"Ada beberapa bukti manfaat kesehatan dari makanan kaya anthocyanin lainnya, dan tidak ada alasan untuk berpikir bahwa buah dan sayuran yang lain itu tidak akan bekerja sebaik blueberry, selama jumlah anthocyanin yang disediakan dengan makanan tersebut cukup, dan bahwa anthocyanin dapat diakses secara hayati dan tersedia secara hayati," kata Dr. Ana Rodriguez-Mateos, penulis utama studi tersebut.

Manfaat kesehatan lainnya dari buah blueberry adalah menjaga kesehatan struktur tulang, kekuatan dan elastisitas sendi.

Selain itu, Blueberry yang kaya vitamin C membantu meningkatkan sintesis kolagen, yang berfungsi menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan sehingga menghasilkan kulit yang sehat.

Manfaat lainnya adalah mempertahankan tekanan darah, ramah bagi penderita diabetes karena rendah glikemik dan dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan menghindari dari kanker. Blueberry juga mengandung folat, yang membantu sintesis dan perbaikan DNA.

Namun yang perlu diingat, pilihlah buah blueberry yang segar, dan jangan mengonsumsi blueberry secara berlebihan karena dapat overdosis vitamin K dan kelebihan serat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

 

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index