Hadapi Lebaran Idul Fitri, PT ASDP Indonesia Ferry Batam Siap Mengoperasikan Kapal Bantu Penyeberangan Roro Bengkalis

Hadapi Lebaran Idul Fitri, PT ASDP Indonesia Ferry Batam Siap Mengoperasikan Kapal Bantu Penyeberangan Roro Bengkalis
Bupati Kasmarni didampingi Kepala Dinas Perhubungan Agus Sofyan sepakati kolaborasi bersama PT ASDP Indonesia Ferry Batam

Riauaktual.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Perhubungan Bengkalis terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi pengguna penyeberangan roll on roll off (Roro) Kabupaten Bengkalis.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis menjalin kerjasama dengan perusahaan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam.

Hal demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis Agus Sofyan saat dikonfirmasikan kepada wartawan, Rabu (29/03/2023).

“Perusahaan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mengoperasikan kapal penyeberangan di lintasan jalur Air Putih, Kecamatan Bengkalis dan Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis,” ungkap Agus Sofyan.

Hal itu setelah adanya pertemuan dan kesepakatan kolaborasi antara pihak pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan Bengkalis bersama PT ASDP  
Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam.

Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Kadis Perhubungan Agus Sofyan bersama manager PT ASDP Indonesia Ferry Eryanto Sidabalok  kompak salam bermasa

Pertemuan yang berlangsung di Wisma Sei Mahkota Rabu (29/03/2023) Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis Agus Sofyan turut hadir Manager Teknik ASDP Cabang Batam Eryanto Sidabalok.

“Selama dibulan Ramadhan tahun pengguna jasa penyeberangan roro adanya peningkatan, guna mengantisipasi menjelang Lebaran dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Diharapkan kedepan dapat membantu untuk kelancaran penyebrangan kita terutama dalam menghadapi lebaran idul fitri tahun ini,” ungkap Agus Sofyan.

Dalam kesempatan itu, Eryanto Sidabalok menyampaikan tiga opsi untuk rencana pengoperasian kapal ASDP cabang Batam di lintasan Air Putih–Sungai Selari.
Rencana jangka pendek yaitu akan mengoperasikan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Lome dan KMP Tanjung Burang dengan cara sisipan saat kedua kapal tersebut tiba di Pakning dari Batam. Dalam jangka menengah akan mengoperasikan KMP Teluk Singkil di lintasan Air Putih-Sungai Selari.

"Sementara jangka panjang akan menambah 1 armada di lintasan Air Putih–Sungai Selari dengan menggunakan anak perusahaan ASDP yaitu  PT. Pascadana Puratama," jelas Eryanto.

Adapun untuk operasional bantuan (sisipan) KMP Lome dan KMP Tanjung Burang di lintasan Air Putih–Sungai Selari akan segera dilaksanakan sebelum angkutan Lebaran tahun 2023. 

Sementara untuk pengoperasian secara permanen KMP Teluk Singkil di Air Putih–Sungai Selari akan dilakukan setelah angkutan Lebaran tahun 2023.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Kasmarni didampingi Kepala Dinas Perhubungan Agus Sofyan menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. ASDP cabang Batam.

"Pengoperasian kapal ASDP Cabang Batam ini akan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis, sehingga mobilitas dan aksesibilitas masyarakat semakin mudah terlebih lagi mendekati waktu lebaran ini," kata Kasmarni.

Bupati Kasmarni didampingi Wabup Bagus Santoso bersama Kadishub Bengkalis Agus Sofyan mengecek loket penyeberangan roro Air Putih Bengkalis

Bupati perempuan tersebut juga mengatakan siap mendukung apapun opsi yang diberikan guna menunjang pelayanan kepada masyarakat, selagi itu tidak mengubah sistem dan peraturan yang berlaku. 


"Kami mohon bantuan komitmen dan sinergi dari pihak PT. ASDP cabang Batam, mari sama-sama kita laksanakan tanggung jawab ini dengan baik melalui kolaborasi dan sinergitas dengan pihak terkait," ungkap Kasmarni. (Inf)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index