Percaya Deh, Magang di Kantor Jasa Akuntan itu Ilmunya banyak banget loh !

Percaya Deh, Magang di Kantor Jasa Akuntan itu Ilmunya banyak banget loh !
Magang di Kantor Jasa Akuntan itu Ilmunya banyak banget loh

Riauaktual.com - Sebenarnya, magang itu perlu gak sih? di luar pro-kontra yang ada di kancah nasional dan internasional, soal magang itu harus paid atau unpaid, magang memang dibutuhkan utamanya oleh mahasiswa. 

Magang adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman kerja, yang dalam hal ini dilakukan oleh mahasiswa pada lembaga yang terkait dengan program studi mahasiswa tersebut. 

Selain untuk mendapatkan pengalaman kerja, tujuan dari kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain adalah penerapan ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan. Keterampilan dan kemampuan di atas rata-rata dibutuhkan dalam kehidupan kerja setiap lulusan muda.

Saat ini, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud-Ristek) sebagai kementerian yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan yang mengayomi Perguruan Tinggi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan magang melalui Kampus Merdeka. 

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kemendikbud-Ristek yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Untuk mengimplementasikan hal tersebut penulis dibimbing langsung oleh salah satu dosen Universitas Muhammadiyah Riau yakni ibu Rama Gita Suci, SE.,M.Ak selaku dosen pembimbing magang yang memberikan berbagai arahan dan evaluasi dalam pelaksanaan magang.

Akhir Oktober 2022 hingga akhir Februari 2023 lalu merupakan masa di mana seorang mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau, Cindea Corycha Putri mengikuti program Magang MBKM dengan salah satu mitra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau yakni Kantor Jasa Akuntan (KJA) Candra Irawan, SE,MM,Ak,CA,BKP,Asean CPA.

Kantor Jasa Akuntan atau biasa disingkat KJA merupakan badan usaha yang telah mendapatkan izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntansi kepada publik bagi Akuntan Berpraktik. Kantor Jasa Akuntan (KJA) Candra Irawan sendiri sudah mendapatkan izin praktik yakni KMK RI Nomor 50/KM. 1PPPK/2017 bahkan saat ini KJA Candra Irawan juga sudah mendapatkan izin praktik Konsultan Pajak Tingkat A dengan nomor KP-8477/IP.A/2022. Kantor  tersebut beralamat dijalan Thamrin No.58 Pekanbaru.

Kesan awal yang penulis fikirkan saat magang di KJA cenderung kaku dan monoton. Tetapi ternyata setelah beberapa minggu stigma tersebut tidak sepenuhnya benar. Walaupun memang penulis benar-benar ikut merasakan suasana seperti halnya sedang simulasi menjadi pegawai KJA tersebut. Bagaimana tidak, waktu efektif magang penulis dimulai dari hari Senin-Sabtu, dari pukul 09.00 – 17.00 (Senin-Jum’at) dan 09.00 – 15.00 (Sabtu). 

Secara pribadi, penulis merasa senang dan bersemangat ketika menjalani hari-hari saat magang berlangsung, karena penulis juga turut andil dalam memahami dan melaksanakan beberapa Job Description yang tersedia di bagian pembukuan dan perpajakan suatu badan usaha. Diantaranya, terdapat 3 sub bagian yakni 

  1. Menghitung Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan Klien
  2. Pemeriksaan Pelaporan SPT Masa PPh 21 Entitas Perusaan Klien
  3. Pendampingan Laporan Keuangan Klien

Sub pertama, penulis membantu dalam Menyusun Harga Pokok Produksi (hpp) klien pada bidang kontruksi berdasarkan nama,tanggal pembelian, tanggal pengeluaran dan berdasarkan tempat konstruksi tersebut akan dibangun.

Sub kedua, penulis membantu dalam melaporkan SPT Masa PPh 21 Entitas Perusaan Klien, kegiatan ini merupakan implementasi langsung penulis dalam hal perpajakan. Adapun kegiatan yang di lakukan dalam sub kedua ini adalah :

  • Melaporkan dan mencetak Kode Billing PPh 21 untuk beberapa klien
  • Mengisi dan melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan
  • Merekap data SPT klien selama 1 tahun

Sub Ketiga, penulis membantu melakukan atau mengerjakan Laporan Keuangan Klien. Pada bagian ini Pimpinan KJA yakni bapak Candra Irawan memberikan kepercayaan kepada penulis untuk melakukan dan mengerjakan Laporan Keuangan klien. Tetapi tetap di dampingi dan dalam pengawasan beliau. Pada kesempatan ini jugalah penulis berpraktik langsung dan mengimplementasikan ilmu dalam bidang akuntansi. Pak Candra sebagai pimpinan juga selalu mengingatkan penulis untuk selalu bertanya dan belajar bersama apabila menghadapi kendala dalam proses pengerjaan laporan tersebut. Adapun kegiatan yang dilakukan pada sub ketiga ini adalah :

  • Membuat jurnal umum atas transksi yang diberikan
  • Menyesuaikan transaksi tersebut dengan rekening koran yang diberikan
  • Menganalisis Laporan Laba Rugi dan Neraca 
  • Melakukan diskusi dan berinteraksi langsung dengan klien mengenai hal apa saja yang menjadi kendala 
  • Melakukan Pengecekkan atas barang pembelian dan barang penjualan di aplikasi E-Faktur
  • Menganalisis dan Menghitung beban yang terindikasi terkena pajak
  • Menganalisis dan Menghitung gaji karyawan
  • Melakukan perhitungan pajak PPh 21, PPh 23, dan Pajak Final
  • Cross Check Pembukuan sampai akhir Desember
  • Laporan SPT Tahunan Badan Usaha tersebut


Selain kegiatan diatas, kemampuan hard skill penulis juga dikembangkan. Pak Candra memberikan kepercayaan kepada penulis untuk menjadi bagian dari marketing yang bersifat online. Penulis diberikan kebebasan untuk berkreasi dalam mempromosikan Kantor Jasa dan memberikan edukasi mengenai dunia akuntansi maupun perpajakan, tetapi tetap dalam pengawasan dan pertimbangan dari beliau. Nantinya konten tersebut akan di share melalui media online seperti instagram, facebook, dan tiktok.

Banyak sekali ilmu yang diperoleh saat magang, Kualitas mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh kemampuan ilmu teori, tetapi juga pengalaman dalam mengamalkan ilmunya dalam dunia nyata. Dengan semakin meningkatnya persaingan dalam dunia kerja dan usaha, pengalaman yang diperoleh melalui kerja magang menjadi semakin penting. Kerja magang membantu mahasiswa untuk mengasah ilmu yang dimiliki secara kritis serta mendapatkan pengalaman secara langsung, sehingga meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan.

 

Penulis : Cindea Corycha Putri ( Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau )

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index