Pekanbaru Raih Penghargaan Adipura, DPRD Nilai Pengangkutan Sampah Belum Maksimal

Pekanbaru Raih Penghargaan Adipura, DPRD Nilai Pengangkutan Sampah Belum Maksimal
Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Nurul Ikhsan

Riauaktual.com - Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Nurul Ikhsan mengapresiasi Pemko Pekanbaru yang berhasil meraih penghargaan berupa sertifikat Adipura 2023 pada hari ini. Namun, ia menggaris bawahi pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru yang masih belum teratasi dengan baik.

"Masalah penilaian apakah Pemko Pekanbaru layak mendapatkan sertifikat atau tidak, menurut pandangan saya, secara penanganan sampah dalam pengangkutan di rumah tangga atau dijalan-jalan itu belum memadai dan belum tertata dengan rapi," kata Nurul, Rabu (1/3/2023).

Meski sampah belum diangkut secara maksimal, Nurul memberikan apresiasi kepada Pemko Pekanbaru yang telah berhasil meraih sertifikat Adipura 2023. Khususnya, dalam membenahi dan meningkatkan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) seperti program bank sampah, rumah kompos, pengurangan sampah plastik dan pemilihan sampah.

"Ya, walau pengangkutan sampah masih belum memadai, tapi pengelolaan sampah di TPA itu cukup bagus penilaiannya dari tim KLHK khususnya bank sampah. Waktu tim penilaian itu turun, rata-rata tiap RW itu sekarang sudah memiliki bank sampah," ujarnya.

Politisi Gerindra ini juga memuji kinerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru yang telah berupaya melakukan pembenahan pola sistem di TPA Muara Fajar sehingga mendapat penilaian dari tim KLHK dan berhasil meraih sertifikat Adipura 2023.

"Ketika kami (Komisi IV) turun ke lapangan, kondisi TPA itu memang tidak layak. Mungkin, setelah kita turun itu ada pembenahan yang dilakukan oleh DLHK sebelum tim penilaian dari KLHK terjun pada bulan Oktober 2022," tutup Nurul.

Sebagai informasi, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun berhasil membawa Kota Pekanbaru dalam meraih penghargaan berupa sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Padahal, penghargaan Adipura sendiri sudah tidak ada lagi diterima Kota Pekanbaru sejak 10 tahun terakhir. Namun dengan kerja keras dan komitmen Muflihun dalam menangani persoalan sampah, hal itu mendapat apresiasi dari KLHK dengan memberikan sertifikat Adipura ke Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Sertifikat tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bertempat di Aula Manggala Wanabakti Gedung Kementerian LHK di Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index