Komisi II Minta Pemko Pekanbaru Lakukan Pencegahan Kenaikan Harga Pangan Menjelang Ramadhan

Komisi II Minta Pemko Pekanbaru Lakukan Pencegahan Kenaikan Harga Pangan Menjelang Ramadhan
Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Dapot Sinaga. (RA1)

Riauaktual.com - Komisi II DPRD Kota Pekanbaru meminta Disperindag Kota Pekanbaru untuk segera mengambil langkah pengawasan sebelum terjadinya kenaikan harga komoditas pangan, Selasa (14/2).

Upaya pencegahan ini sangat dibutuhkan apalagi akan segera memasuki masa Ramadhan 144 Hijriah, tentu hal ini akan menjadi pemicu kenaikan harga komoditas pangan.

"Disperindag harus tetap mengawasi lonjakan harga. Apalagi bulan Maret esok mau puasa, jadi kita harap Disperindag terus berupaya menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok di Pekanbaru," kata Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Dapot Sinaga.

Faktor alam masih menjadi salah satu penyebab terjadinya kenaikan harga kebutuhan bahan pokok. Sehingga, pasokan kebutuhan bahan pokok dari daerah penyuplai seperti Sumatera Barat ataupun Sumatera Utara menjadi terhambat.

"Saya rasa harga-harga ini penyebabnya masih sama yaitu faktor karena alam. Ketika kondisi cuaca tidak teratur, mungkin produksi beberapa komoditi itu jadi tidak maksimal dan harga mengalami kenaikan," jelasnya.

Untuk itu, Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan Pemko Pekanbaru melalui Disperindag untuk menyediakan gudang khusus sembako untuk menjaga ketersediaan bahan pokok.

"Setiap tahun bermasalah, jadi kita minta Pemko untuk menyediakan semacam bank penyimpanan. Jadi ketika panen dari daerah penyuplai itu bisa disimpan sehingga ketika harga melonjak naik, sembakonya itu bisa dikeluarkan," sarannya.

Komisi II DPRD Kota Pekanbaru dalam waktu dekat juga bakal memanggil Disperindag Kota Pekanbaru guna membahas masalah kenaikan harga kebutuhan pokok. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index