Inflasi Tinggi, Pemko Gandeng Pengusaha Gelar Operasi Pasar

Inflasi Tinggi, Pemko Gandeng Pengusaha Gelar Operasi Pasar
Pj Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bakal menggelar operasi pasar guna menahan angka inflasi. Pemko menggandeng sejumlah pengusaha dan pihak swasta dalam operasi pasar ini.

Saat ini angka inflasi dipengaruhi harga sejumlah kebutuhan pokok yang masih tinggi. Terdata angka inflasi Kota Pekanbaru tahun 2022 cukup tinggi di angka 7,04 persen

"Minggu depan kita akan coba bicarakan dengan para pengusaha yang ada di Kota Pekanbaru," kata Pj Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (18/1/2023).

Ia mengatakan dari informasi yang telah disampaikan Asisten II Setdako Pekanbaru, ada sekitar 30-50 pengusaha yang akan digandeng untuk pelaksanaan operasi pasar ini. Termasuk juga Alfamart.

"Kalau soal berapa nanti jumlah paket ataupun lokasi yang akan kita gunakan dalam pelaksanaan operasi pasar masih dalam tahap perencanaan ya," terangnya.

Selain pelaksanaan operasi pasar, lanjut Indra Pomi, dalam upaya intervensi inflasi yang ada di Pekanbaru, ada beberapa hal yang harus dilakukan yakni menjamin ketersediaan stok dan juga menjaga harganya agar tetap stabil.

"Makanya kita kemarin melakukan peninjauan ke pasar induk sementara di payung sekaki. Kita cek cabai dan kita cek juga sayuran, bawang. Karena yang paling berpengaruh kan cabai dan bawang, supaya bagaimana caranya kita agar harganya tak melonjak tapi malah turun," jelasnya.

Indra Pomi juga menyampaikan terkait gerakan menanam cabai yang digalakkan Pj Walikota beberapa waktu lalu. Gerakan ini diharapkan dapat sedikit membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sendiri.

"Harapan kita dari lima pot itu ditambah menjadi 15 pot. Jadi ibu-ibu yang suka makan pedas tinggal ambil aja di pekarangan rumah saja," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index