Label Informasi Pohon QR Code Budidaya Lebah Kelulut Bakal Penuhi Hutan Adat Ghimbo Pomuan

Label Informasi Pohon QR Code Budidaya Lebah Kelulut Bakal Penuhi Hutan Adat Ghimbo Pomuan

Riauaktual.com - Pengelolaan  hutan yang berkelanjutan dan mendukung kelestarian habitat budidaya lebah madu kelut, Tim Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Parambahan, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, 12 Januari 2023.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk pengelolaan hutan yang berkelanjutan dan mendukung kelestarian habitat budidaya lebah madu kelulut yang membutuhkan pengumpulan potensi hutan dengan kegiatan pengukuran dimensi pohon dan disajikan pada label informasi pohon.

"Mitra perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai pengukuran dimensi pohon, yaitu pengukuran diameter dan tinggi pohon dan pembuatan label informasi pohon QR Code," kata Dosen Fakultas Kehutanan Unilak, Muhammad Ikhwan, S.Hut., M.Si.

Adapun mitra kegiatan ini adalah kelompok masyarakat pengelola budidaya lebah kelulut, Hutan Adat Ghimbo Pomuan, Kenegerian Kampar.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan memberikan pelatihan penggunaan phiband untuk pengukuran diameter pohon dan hagameter untuk pengukuran tinggi pohon.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memiliki keterampilan dalam pengelolaan hutan adat serta mendapatkan informasi diameter dan tinggi pohon disekitar budidaya lebah kelulut sekaligus mendukung kelestarian Hutan Adat Ghimbo Pomuan," harapnya.

Adapun tim pengabdian masyarakat ini merupakan Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning yang terdiri dari Muhammad Ikhwan S.Hut., M.Si, Hanifah Ikhsani, S.Hut., M.Si dan Ika Lestari, S.Hut., M.Si.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index